Home kesehatan Waspadai Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Waspadai Gejala Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

by Erin Nuzulia

Demam tifoid atau yang lebih dikenal dengan serangan tipes, merupakan salah satu infeksi serius yang sering menyerang anak-anak, khususnya di negara berkembang seperti Indonesia. Meskipun sering dijumpai, infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Salmonella typhi ini merupakan penyakit berbahaya dan harus ditangani dengan cepat dan tepat. Bahkan, menurut WHO setidaknya 11 hingga 20 juta orang terserang tipes setiap tahunnya. Dan di antaranya, 160an ribu pasien berujung pada kematian. Gejala tipes pada anak sendiri cukup menyiksa dan harus segera ditangani. Oleh sebab itu penting untuk mengetahui hal-hal terkait tipes pada anak agar kita bisa terus menjaga sang buah hati.

Gejala tipes pada anak

Terdapat setidaknya 11 gejala yang biasa ditemui pada anak-anak ketika mereka terinfeksi oleh bakteri yang mudah ditemukan di permukaan tanah ini, dengan gejala yang paling umum berupa demam tinggi. Adapun simtom pada anak saat terkena tipes, antara lain:

  1. Demam sangat tinggi yang bisa mencapai 40o Celsius
  2. Sakit perut dengan disertai diare
  3. Sakit kepala berat
  4. Tubuh terasa pegal-pegal dengan persendian nyeri
  5. Pembesaran hati dan limfa yang menunjukkan ulu hati perih jika ditekan
  6. Nyeri pada tenggorokan
  7. Kehilangan nafsu makan
  8. Terkadang disertai sembelit
  9. Badan terasa lelah dan lesu
  10. Muncul lapisan di lidah
  11. Ruam berupa bintik-bintik merah muda pada kulit, biasanya di dada dan perut

Namun perlu diingat bahwa gejala-gejala tersebut tidak serta merta keluar secara bersamaan. Beberapa anak juga menunjukkan gejala yang berbeda. Bahkan, keluhan dari infeski tifoid ini bisa muncul secara seketika, atau bahkan berangsur-angsur selama beberapa minggu. Lalu, bakteri juga butuh waktu 7 hingga 14 hari sebagai masa inkubasi, sehingga dalam banyak kasus kita belum sadar bahasa sang buah hati telah terinfeksi. Oleh sebab itu, jika buah hati mulai merasa tidak nyaman apalagi menunjukkan demam tinggi di malam hari, sebaiknya segera kunjungi dokter terdekat untuk memberikan perawatan terbaik.

Baca Juga:   Gejala Leukimia pada Anak yang Harus Diwaspadai oleh Orangtua!

Penanganan untuk tipes pada anak

Penanganan terbaik dalam tipes adalah dengan istirahat cukup, makan  makanan lembut dengan bumbu ringan, menghindari makanan pedas, terlalu asin, maupun asam, serta memperbanyak minum air putih yang benar-benar higienis. Namun jika dalam kurun waktu tiga hari kondisi anak masih belum membaik, wajib bagi kita untuk membawanya ke rumah sakit. Di rumah sakit tersebut, jika tidak diperlukan rawat inap, maka dokter akan meresepkan antibiotik dan pereda demam berbasis parasetamol yang cukup efektif mengurangi rasa sakit pada anak.

Adapun khusus untuk antibiotik yang diresepkan oleh dokter, kita harus memastikan bahasa buah hati menghabiskan seluruh antibiotik tersebut sesuai dengan yang diresepkan, bahkan jika tubuh sudah merasa baikkan. Hal tersebut untuk menghindari resistensi bakteri yang dapat muncul akibat tidak sempurnanya penyerapan antibiotik.

Pencegahan tipes pada anak

Tidak dapat dipungkiri, mencegah akan selalu lebih baik dari pada mengobati. Untuk tipes sendiri, berikut langkah-langkah terbaik yang dapat kita ambil agar Si Kecil terhindar dari infeksi ini:

  • Imunisasi

Langkah paling efektif dalam pencegahan tipes adalah dengan cara imunisasi menggunakan vaksin tifoid yang bisa disuntikan pada anak-anak di atas dua tahun, dengan durasi tiga tahun sekali.

  • Minum dari sumber air yang bersih dan berkualitas

Bakteri Salmonella sangat mudah dijumpai di lingkungan yang kurang bersih. Oleh sebab itu, selalu menyediakan air bersih untuk diminum adalah langkah yang baik tidak hanya untuk mencegah tipes, namun juga menjaga kebugaran

  • Biasakan mencuci tangan

Kebiasaan mencuci tangan adalah solusi sederhana yang sangat efektif dalam mencegah berbagai macam penyakit, mulai dari diare, tipes, hingga Covid-19. Jadi, tidak ada ruginya mengajarkan kebiasaan ini untuk anak-anak.

Baca Juga:   Sebaiknya Jangan, Makanan Ibu Menyusui Ini Rentan Bikin Bayi Sakit!

Itulah sedikit informasi mengenai tipes pada anak. Untuk mengetahui gejala tipes pada anak dengan lebih detail, simak juga artikel terkait di https://review.bukalapak.com/mom/gejala-tipes-pada-anak-102367

Selalu jaga kebersihan dan tetap sehat ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More