Home Bisnis Tips Sukses Menjadi Pebisnis Online

Tips Sukses Menjadi Pebisnis Online

by Diane Lowe

Berbisnis online kini menjadi pekerjaan yang dijadikan pilihan yang paling realistis oleh para pebisnis pemula. Selain karena modal yang dikeluarkan untuk berbisnis online relatif lebih kecil dibandingkan dengan membuka bisnis model konvensional, bisnis online dianggap lebih mudah dijalankan karena bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk mengisi waktu senggang. Mengoperasikan bisnis online memang lebih mudah, cukup dengan bermodalkan sambungan internet, promosi bisa dilakukan dengan cara menawarkan produk yang dijual dengan beriklan secara gratis di media sosial atau di berbagai situs penyedia layanan iklan gratis. Meski berbisnis online terkesan mudah bagi sebagian orang, namun tidak sedikit juga pebisnis yang gagal total ketika sudah menjalankan bisnis yang satu ini. Hal ini terjadi karena tidak adanya strategi dan perencanaan yang matang ketika merintis usaha tersebut. Bisnis dan usaha sekecil apapun dan dalam bidang apapun harus disertai dengan strategi yang jelas agar hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut ini adalah ulasan mengenai tips sukses menjadi pebisnis online.

Menyusun Strategi Pemasaran

Tanpa adanya strategi pemasaran yang jelas dan tersusun rapi, kegiatan bisnis yang dijalankan akan berjalan serampangan atau acak, tidak tahu langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menggaet calon konsumen. Dengan menyusun strategi pemasaran, maka setidaknya pebisnis akan menyusun langkah-langkah lainnya, yaitu menginventarisir calon pembeli yang potensial, menentukan pangsa pasar, kemudian baru akan menyusun langkah-langkah pengenalan produk yang disesuaikan dengan pangsa pasar yang akan disasar. Misalnya, jika pangsa pasarnya adalah anak muda, maka strategi pemasarannya pun menggunakan gaya yang sesuai dengan gaya anak muda, yaitu dengan memanfaatkan hal-hal yang sedang ngehits di kalangan anak muda.

Mencari Tahu Apa yang Disukai Konsumen

Baca Juga:   Tips Cantik Seharian Meski Sibuk Kerja di Kantor

Seorang pebisnis harus mempelajari tipikal dan sifat konsumennya. Dengan menguasai informasi seputar apa yang digemari oleh konsumen, maka pebisnis tersebut bisa menyusun strategi untuk menarik perhatian calon konsumennya tersebut. Mempelajari kecenderungan konsumen dalam berbelanja, misalnya, harus dipelajari secara detail untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Bagi pebisnis, konsumen atau pembeli adalah raja yang harus diperhatikan. Banyak sekali para pebisnis yang berhasil mengatakan bahwa tips sukses bisnis yang mereka jalankan adalah karena memposisikan konsumen di atas segalanya. Manjakanlah konsumen dengan memberikan pelayanan yang maksimal. Jangan pernah kecewakan konsumen dalam hal sekecil apapun, sebab sekali konsumen dikecewakan, maka kepercayaannya akan hilang.

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Melakukan evaluasi adalah sesuatu yang sangat jarang dilakukan oleh para pebisnis. Padahal melakukan evaluasi secara berkala merupakan tips sukses berbisnis yang sangat dianjurkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan bisnis yang telah dijalankan dan mengetahui bagaimana pencapaiannya. Evaluasi dalam bidang bisnis online adalah mencari kelebihan atau keunggulan bisnis yang sudah dijalankan, sehingga keunggulan tersebut perlu dipertahankan. Kemudian, carilah kelemahan atau kekurangan bisnis tersebut, perbaiki kekurangan tersebut agar tidak terjadi lagi. Dan terakhir, tulislah apa yang belum dilakukan sehingga bisa diterapkan dan dikembangkan di masa mendatang.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More