Home Lifestyle Tips Sukses Berhenti Merokok

Tips Sukses Berhenti Merokok

by Diane Lowe

Merokok merupakan candu yang sangat sulit untuk dihentikan walaupun semua orang sudah mengetahui betapa banyak efek buruk yang diakibatkan rokok. Berbagai tips sukses untuk mengurangi jumlah perokok sudah dilakukan dari memberi peringatan keras pada setiap bungkus rokok dan reklame, membatasi tempat yang diperbolehkan merokok dan sebagainya. Karena kerugian akibat asap rokok bukan hanya dialami oleh para perokok aktif tapi juga dialami oleh perokok pasif. Bagi Anda yang ingin berhenti merokok, berikut tips sukses berhenti merokok yang dapat Anda coba.

Pahami alasan Anda berhenti merokok. Untuk mempunyai niat yang kuat, Anda harus memiliki alasan kuat. Begitu juga niat untuk berhenti merokok. Apakah Anda ingin hidup lebih sehat, ingin melindungi keluarga dan lingkungan Anda dari menjadi perokok pasif, atau ingin menghabiskan uang Anda untuk hal yang lebih bermanfaat. Apapun itu, tanamkan dalam diri Anda kuat-kuat. Dan pastikan untuk selalu mengingat hal itu setiap kali rasa ingin merokok muncul.

Persiapkan diri Anda. Sebelum memulai ritual berhenti meroko, Anda harus mempersiapkan tubuh dan mental Anda. Karena seperti menghentikan candu lainnya, menghentikan kecanduan merokok juga tidak akan mudah. Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau membaca tips sukses berhenti merokok.

Pertimbangkan untuk menggunakan pengganti candu. Ketika Anda berhenti merokok, Anda menghentikan asupan nikotin yang merupakan zat candu utama dalam rokok. Akibatnya Anda akan mengalami gejala putus obat seperti hilang konsentrasi, menurunnya mood, kelelahan. Pada kasus kecanduan berat Anda dapat mengalami nyeri kepala hebat, mual, tremor dan menggigil. Kestabilan emosi Anda juga dapat terganggu sehingga Anda menjadi mudah marah dan tindakan Anda cenderung impulsif. Untuk mengganti kebutuhan nikotin itu, sementara Anda dapat menggunakan permen karet, tablet hisap atau patch yang mengandung nikotin.

Pertimbangkan akan penggunaan obat resep. Konsultasi ke dokter untuk meminta obat yang dapat membantu menghilangkan keinginan tubuh Anda untuk merokok dan mengurangi rasa nikmat merokok. Obat resep lainnya juga mungkin akan dianjurkan untuk membantu proses gejala putus obat seperti obat anti depresan atau obat penguat konsentrasi.

Baca Juga:Tips Gaya Hidup Agar Lebih Sehat Dan Bahagia

Dapatkan dukungan. Katakan pada keluarga dan orang-orang terdekat bahwa Anda sedang berusaha berhenti meroko. Dukungan mereka akan menguatkan Anda. Jika perlu Anda dapat mengikuti pertemuan dukungan kelompok atau bicara dengan seorang konselor. “Terapi Perilaku” adalah tipe konseling yang membantu Anda dapat dalam memahami dan tetap pada strategi berhenti meroko. Beberapa sesi sudah cukup membantu.

Salah satu alasan kuat merokok adalah karena merokok dapat membantu untuk menenangkan pikiran. Coba untuk melakukan hal-hal menyenangkan seperti olahraga, spa ke salon, melakukan hobi Anda, atau mendengarkan musik sambil menikmati kudapan kesukaan Anda. Hindari hal-hal yang dapat membuat Anda stress dalam beberapa minggu selama proses berhenti merokok.

Hindari hal-hal yang dapat membangkitkan keinginan merokok. Meminum alkohol atau kopi biasanya membuat Anda ingin merokok. Untuk sementara hindari dulu dang anti dengan teh, susu atau infused water. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok setelah makan, Anda dapat mengganti kebiasaan itu dengan mengunyah permen karet, menyikat gigi atau apapun yang dapat mengalihkan perhatian Anda pada dorongan untuk merokok. Hindari juga para perokok. Jika teman Anda akan merokok, mintalah mereka untuk sementara tidak merokok di dekat Anda. Hindari semua hal yang dapat membangkitkan keinginan untuk merokok.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Cukupkan juga asupan air mineral dan protein. Selain baik untuk tubuh, buah dan Sayuran dapat menghindari rasa nikmat akan rokok pada lidah Anda. Setiap Anda ingin merokok, cobalah memakan satu butir apel, pisang atau buah lainnya, lalu cobalah merokok. Anda akan merasakan bahwa rokok tidak lagi enak.

Jangan menyerah. Karena berhenti merokok itu memang sulit tapi bukan tidak mungkin dilakukan, maka jangan menyerah. Setiap kali Anda gagal dan kembali merokok, tentukan kembali kapan Anda akan berhenti. Tandai dalam tanggalan dan mulai kembali. Semua usaha Anda akan terbayar. Karena hanya dalam 20 menit Anda berhenti total merokok, detak jantung Anda akan kembali normal. Dalam dua sampai tiga minggu, resiko untuk serangan jantung menurun. Dalam jangka panjang, Anda akan mengurangi resiko diri Anda terkena kanker paru-paru dan kanker lainnya.

Semoga tips sukses berhenti merokok di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Ingatlah, ketika Anda berhenti merokok selain Anda mengurangi polusi dan racun pada diri Anda, Anda juga mengurangi polusi dan racun bagi lingkungan sekitar dan bumi.

Baca Juga:   Tips Hidup Sehat yang Akan Membuat Anda Tampak Jauh Lebih Muda

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More