Home Olahraga Tips Olahraga Futsal

Tips Olahraga Futsal

by Diane Lowe

Futsal merupakan sepakbola dalam ruangan yang dimainkan oleh dua tim, yaitu masing-masing tim terdiri dari lima pemain. Sebagaimana sepakbola, target utama dari olahraga futsal adalah memasukkan bola ke dalam gawang. Maka tidak heran jika olahraga ini sering disebut sebagai sepakbola mini. Peraturan dalam olahraga futsal ada yang berbeda dan ada yang sama dengan sepakbola, namun cenderung identik, kecuali pergantian pemain yang tidak dibatasi oleh jumlah dan lemparan ke dalam yang diganti oleh tendangan ke dalam. Di sisi lain, terdapat perbedaan mendasar antara futsal dengan sepakbola. Futsal lebih mengutamakan skil dan kepandaian menyiasati ruang. Luas lapangan yang cenderung sempit dan ukuran gawang yang kecil membuat para pemain harus pintar mencari siasat dan luwes dalam bergerak agar bisa mencetak gol ke gawang lawan. Berikut ini akan diulas beberapa tips olahraga futsal yang berkaitan dengan taktik dan teknik bermain.

Fisik yang Prima Sebagai Modal Dasar

Modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemain futsal adalah fisik yang prima. Ukuran lapangan yang relatif sempit memaksa setiap pemain selalu berlari dan aktif bergerak, pandai menempatkan posisi, dan mendapatkan bola lebih sering dibandingkan dengan ketika bermain sepakbola lapangan, sehingga fisik lebih terkuras. Jika dalam sepakbola pemain memiliki posisi yang saklek atau kaku sesuai posisi masing-masing, dalam futsal posisi pemain lebih lentur dan menyesuaikan dengan kondisi permainan. Seorang yang berposisi sebagai pemain belakang sewaktu-waktu harus pandai memposisikan diri sebagai striker jika ada peluang, bahkan seorang penjaga gawang futsal sah-sah saja ikut membantu membangun serangan. Aliran bola yang bergerak sangat cepat dan posisi pemain yang selalu berpindah-pindah tentu

Kontrol Bola

Baca Juga:   Tips Olahraga untuk Lansia

Dalam olahraga futsal, setiap pemain harus memiliki kemampuan kontrol bola di atas rata-rata. Kontrol bola yang maksimal selalu dibutuhkan karena arah aliran bola tidak dapat ditebak, sehingga setiap pemain tidak boleh panik setiap mendapatkan bola. Kontrol bola yang paling baik dalam futsal adalah dengan memakai bagian sol atau sebelah alas sepatu ketika bola mendatar, atau dengan kata lain dengan cara menginjak bola, agar bola berhenti secara sempurna.

Baca Juga:Kumpulan Tips Tendangan Bebas Andrea Pirlo

Akurasi Umpan atau Tendangan

Tips olahraga futsal lainnya adalah memiliki akurasi tendangan yang baik. Penempatan para pemain yang lebih luwes akan harus diimbangi kemampuan membagi bola yang maksimal, agar bola yang diarahkan ke kawan dapat tepat sasaran. Ketika bola berada dalam kekuasaan penuh setelah dikontrol, mengarahkan bola dengan akurat adalah tugas selanjutnya. Kedua hal ini hanya dapat diperoleh melalui latihan yang giat.

Dalam olahraga futsal, trik-trik yang berkaitan dengan skil cara mengecoh lawan memang kerap diperagakan. Namun sebenarnya, trik tersebut hanyalah nomor sekian dalam futsal, sebab tiga hal yang paling mendasar adalah kemampuan fisik, kemampuan kontrol, dan kemampuan akurasi umpan dan tendangan. Itulah beberapa dasar tips olahraga futsal. Perbanyaklah berlarih teknik-teknik dasar tersebut sebelum mempelajari skil lainnya.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More