Home TIps dan Trik Tips Komputer: Bagaimana Menjalankan Program Perangkat Lunak Komputer

Tips Komputer: Bagaimana Menjalankan Program Perangkat Lunak Komputer

by Diane Lowe

Program Excel boxAfter program komputer telah diinstal ke komputer, dapat dibuka setiap saat. Berikut tips komputer adalah langkah-langkah tentang bagaimana Anda dapat membuka program software komputer di komputer Anda di semua sistem operasi.

Tip: Bila Anda ingin “membuka” sebuah program, Anda dapat menyebutnya sebagai “terbuka” atau “run.” Namun, jika Anda mencoba untuk “membuka” file, melihat bagaimana untuk membuka file halaman.

Microsoft Windows

Jendela baris perintah (MS-DOS)

komputer apple

Apple iPad dan iPhone

ponsel Android atau tablet

Menjalankan program pada Windows

Pada Windows, untuk menjalankan program, klik dua kali file executable atau klik dua kali ikon shortcut yang menunjuk ke file executable. Jika Anda memiliki waktu yang sulit mengklik dua kali ikon, Anda dapat mengklik ikon sekali untuk menyorotnya, kemudian tekan tombol Enter pada keyboard. Tips komputer ini biasanya kami bagikan untuk pemula.

Tip: Jika Anda mengalami kesulitan membuka program karena Anda tidak dapat menemukan ikon di Windows 7, Windows Vista, Windows 8, dan Windows 10, klik Start dan ketik nama program yang ingin Anda buka. Misalnya, Anda bisa mengetik “notepad”, “unggul”, atau “kata” dan klik ikon dalam hasil pencarian, atau sorot ikon program dan tekan Enter. Jika program tidak muncul pastikan program tersebut telah terpasang.

Tip: Dalam Windows 8 dan Windows 10, Anda dapat juga klik kanan ikon dan memilih pin opsi untuk taskbar untuk menambahkan ikon program untuk Taskbar Anda untuk akses masa depan lebih mudah.

Catatan: Jika suatu program di Start Menu atau Taskbar, hanya membutuhkan Anda untuk mengklik ikon sekali.

Catatan: Jika program belum terinstal di komputer tidak akan dapat untuk berlari. Misalnya, Anda hanya dapat menjalankan Microsoft Word atau Microsoft Excel jika Anda telah diinstal di komputer.

Menjalankan program di komputer Apple

Dalam sistem operasi Apple MacOS, klik dua kali ikon program untuk menjalankan program. Jika Anda memiliki waktu yang sulit mengklik dua kali ikon, Anda dapat mengklik ikon sekali untuk menyorotnya, kemudian tekan tombol Kembali pada keyboard.

Tip: Jika Anda mengalami kesulitan membuka program karena Anda tidak dapat menemukan ikon, Anda dapat menggunakan Spotlight untuk mencari nama program. Setelah ditemukan, klik dua kali ikon untuk membuka program.

Tip: Setelah program berjalan, Anda dapat klik kanan ikon pada Dock dan klik Options dan Perlu Dock untuk menambah ikon program ke Dock untuk akses masa depan lebih mudah.

Catatan: Jika suatu program di Dock, hanya membutuhkan Anda untuk mengklik ikon sekali.

Menjalankan program pada iPad Apple dan iPhone

Pada iPad Apple dan iPhone, Anda dapat menjalankan program dengan menekan dengan jari Anda sekali pada ikon.

Tip: Jika Anda mengalami kesulitan membuka program karena Anda tidak dapat menemukan ikon, Anda dapat menggesek ke bawah dengan jari Anda di tengah setiap layar yang menunjukkan ikon untuk memulai pencarian. Dalam pencarian, ketik nama program yang ingin membuka dan kemudian klik ikon.

Menjalankan program pada ponsel Android atau tablet

Pada semua smartphone dan tablet Android, Anda dapat menjalankan program dengan menekan dengan jari Anda sekali pada ikon.

Semoga tips komputer kali ini, bisa menambah referensi dan pengetahuan Anda.

Baca Juga:   3 Tips Sukses dan Efektif Dalam Hidup

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More