Home Lifestyle Tips Kesehatan Sederhana Menuju Sehat

Tips Kesehatan Sederhana Menuju Sehat

by Diane Lowe

Begitu banyak tips di luar sana namun tips kesehatan sederhana menuju sehat yang efektif dan bisa dilakukan oleh siapapun dan dimana pun sangat sedikit. Tips ini tidak memerlukan biaya yang besar dan bisa dilakukan sehari-hari karena hal-hal yang akan disebutkan di sini adalah hal mendasar yang secara tidak langsung merupakan hal hal yang sudah menjadi kebiasaan.

Pertama adalah tidur yang cukup setiap hari. Cukup yang di maksud adalah waktu tidur yang memenuhi kebutuhan energi selama sehari beraktifitas. Bagi sebagian orang, 8 jam sehari merupakan waktu tidur yang ideal namun beberapa lainnya belum. Bahkan bagi sebagian orang lainnya, tidur 8 jam sehari merupakan sesuatu yang berlebih. Intinya adalah, jika anda tidak perlu alarm untuk di pagi hari, anda tidak mengantuk ketika beraktifitas pada siang hari atau tidak mengantuk setelah makan malam, maka anda tidak perlu khawatir kekurangan tidur. Namun, jika hal-hal di atas anda alami sedangkan anda sudah tidur kurang lebih 8 jam setiap hari, maka sebaiknya anda pergi ke dokter dan berkonsultasi tentang tips kesehatan tentang kebiasaan tidur anda.

Kedua adalah mengawasi warna urine. Kekurangan cairan tubuh sangat tidak dianjurkan, karena sangat tidak baik untuk kesehatan. Jika urine berwarna gelap dan mengeluarkan bau yang menusuk hidung, Anda mungkin kekurangan banyak cairan. Dan jika warna urine tetap gelap walau sudah mengkonsumsi cairan dengan jumlah yang lebih banyak, segeralah membuat janji dengan dokter Anda. Namun jika warna urine berwarna kuning cerah, itu bisa jadi disebabkan vitamin B yang terdapat pada multivitamin yang sebelumnya Anda konsumsi.

Baca Juga: Artikel Tips Gaya Hidup Sehat

Ketiga adalah memeriksa denyut jantung Anda setelah melakukan olahraga. Setelah berolahraga selama 20 menit, hitung denyut jantung selama 15 detik, lantas kalikan denyut jantung dengan empat untuk mendapatkan angka denyut jantung Anda. Setelah itu, duduk dan tunggu dua menit sebelum memeriksa kembali. Kurangi angka pertama dengan yang kedua. Jika hasilnya di bawah 55, tingkat pemulihan denyut jantung Anda lebih tinggi dari normal dan sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk tips kesehatan yang mungkin bisa membantu Anda.

Keempat adalah akronim PERF yang biasa di tambahi imbuhan -ect dan menjadi PERFect. Dalam sehari lakukanlah hal-hal berikut : Menyantap Produk segar seperti sayur dan buah-buahan. Exercise, berjalan kaki dan bergerak secara aktif setiap hari membuat badan Anda akan selalu terjaga segar. Relaksasi, entah Anda bersenang-senang atau tertawa selama kurang lebih 15 menit (waktu akumulasi) maka Anda menjaga badan dan pikiran tetap rileks. Dan Fiber, makanan yang mengandung serat (fiber) seperti kacang-kacangan atau biji-bijian layak Anda konsumsi setiap hari, dalam porsi yang tepat tentunya.

Demikian tips kesehatan yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan dan pastinya tidak membutuhkan biaya besar. Sekian ulasan singkat mengenai kesehatan, selamat mencoba.

Baca Juga:   Tips Gaya Hidup Sehat

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More