Home Lifestyle Tips Kesehatan Mata

Tips Kesehatan Mata

by Diane Lowe

Mata merupakan jendela dunia serta salah satu organ yang paling penting dan berharga. Dengan adanya mata, seseorang mampu melihat keindahan dunia serta dapat melakukan segala aktivitas dengan baik. Oleh karena itu, indra penglihatan ini haruslah dijaga sebaik-baiknya, dan berikut ini adalah tips kesehatan yang dapat diterapkan untuk menjaga kondisi mata agar tidak mengalami kerusakan.

Perhatikan Jarak Membaca

Membaca adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan, selain bisa menambah ilmu juga bisa merawat ingatan dari kepikunan, meski begitu, ketika membaca buku harus pula diperhatikan jarak antara mata dan buku yang dibaca. Jarak aman yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata adalah 30 cm, hal ini berguna untuk menghindarkan mata dari rabut dekat atau minus mata.

Membaca dalam Posisi yang Benar

Posisi yang benar saat membaca buku adalah dengan duduk. Jangan membaca buku dalam posisi tiduran karena ini dapat menyebabkan rabun dekat atau miopi.

Pencahayaan yang Cukup

Saat membaca, usahakan pencahayaan cukup dan tidak terlalu redup. Cahaya yang kurang saat membaca dan menulis juga bisa menyebabkan kerusakan mata.  

Mengistirahatkan Mata

Aktifitas membaca atau bekerja di depan layar komputer seringkali membuat lupa waktu sehingga mata terlalu fokus. Hal ini bisa menyebabkan mata mengalami kelelahan dan menyebabkan fokus mata bisa terganggu. Oleh karena itu, mata perlu diistirahatkan, minimal 20 menit sekali dengan cara mengalihkan pandangan untuk melihat suatu benda atau pemandangan yang jaraknya jauh. Ini untuk membantu menjaga kelenturan otot mata.

Kedipkan Mata

Usahakan untuk menambah frekuensi kedipan mata ketika memandang sesuatu dalam waktu yang lama, misalnya seperti laptop atau buku.

Baca Juga:Tips Kesehatan ala Ade Rai

Kurangi Penggunaan Lensa Kontak

Baca Juga:   Tips Gaya Hidup Agar Selalu Sehat Dan Awet Muda

Lensa kontak memang dapat membantu penglihatan atau membuat mata terlihat lebih indah, akan tetapi menggunakan lensa kontak terlalu lama juga tidak bagus untuk kesehatan mata. Kurangi penggunaan lensa kontak, apabila sudah berada di rumah, usahakan untuk melepas serta membersihkan lensa kontak agar mata dapat beristirahat dan lensa kontak tetap terjaga kebersihannya. Jangan pernah menggunakan lensa kontak saat tidur karena berbahaya bagi mata dan dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

Makanan Bergizi untuk Mata

Tips kesehatan mata selanjutnya adalah jangan lupa juga untuk menjaga mata dari dalam, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan mata, seperti wortel dan ubi ungu.

Wortel dan ubi ungu mengandung beta karoten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata, selain mengandung antioksidan juga bisa mengurangi risiko adanya degenerasi makula.

Gunakan Kacamata Hitam Anti UV

Kaca mata hitam anti UV juga dapat melindungi mata dari kerusakan karena bisa melawan paparan cahaya matahari secara langsung.

Itulah tips kesehatan mata yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar mata dapat tetap sehat dan tidak terserang kerusakan.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More