Home TIps dan Trik Tips Internet Agar Koneksinya Lebih Cepat

Tips Internet Agar Koneksinya Lebih Cepat

by Diane Lowe

Tips internet yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah tips dan trik mempercepat koneksi internet. Kadang ada situasi dimana jaringan internet menjadi lambat. Tentu sangat hal tersebut sangatmenyebalkan, karena selain membuang-buang waktu, bisa menghambat aktivitas atau pekerjaan yang penting.

Di jaman serba internet seperti sekarang ini koneksi internet menjadi sesuatu yang penting. Begitu banyak pekerjaan dan aktivitas yang dikerjakan di internet. Baik menggunakan laptop, komputer, tablet atau di smartphone.

Ada beberapa aktifitas yang akan sangat terganggu jika koneksi internet lambat, diantaranya adalah:

  • Saat sedang melakukan komunikasi chating maupun video call
  • Pada waktu sedang menyelesaikan pekerjaan atau tugas
  • Pada saat sedang melakukan aktivitas belanja online
  • Pada saat bermain game online
  • Sedang streaming film dan musik
  • Pada saat sedang mendownload.

Nah sebelum Anda menjalankan aktivitas tersebut ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah koneksi internet berjalan lambat.

Mengubah Setting Bandwidth

Bandwidth adalah luas cakupan frekuensi yang ditangkap oleh sinyal. Umumnya bandwidth yang terdapat pada setting default komputer hanya berkisar 20% saja. Agar koneksi internet lebih maksimal ubah setting pada computer configuration dengan nilai yang lebih besar.

Mengubah DNS Pada Komputer

Selain mengubah nilai bandwidth, tips internet berikutnya adalah dengan mengganti konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau gunakan DNS Google. Cara ini bisa meningkatkan kecepatan internet hingga 20%.

Baca Juga: Tips Internet Aman

Mengaktifkan DNS Cache

Fungsi DNS Cache hampir sama dengan penggunaan modem, yaitu untuk mengubah sinyal pada komputer ke dalam besaran frekuensi yang kemudian diproses. Perbedaannya mengaktifkan DNS Cache pada regedit.

Gunakan Provider yang Kompeten

Pilih provider yang terbukti handal dalam memberikan layanan penyedia jaringan internet. Jangan tergiur dengan tawaran banting harga yang ditawarakan oleh provider. Karena belum tentu jaringan internetnya bagus.

Gunakan Modem Yang Memadai

Baca Juga:   5 TIPS BEKERJA DI KANTOR AGAR TETAP SEHAT DAN BERSEMANGAT

Modem adalah perangkat elektronik yang mengubah sinyal ke dalam frekuensi tertentu yang kemudian diproses melalui kabel saluran telepon. Setiap modem memiliki spesifikasi koneksi yang berbeda. Untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimal gunakan modem yang spesifikasinya memiliki kecepatan cukup besar.

Gunakan Provider yang Belum Banyak Digunakan

Walaupun terkenal sebagai provider yang menyediakan jaringan internet, namun jika banyak pengguna bisa menjadi penyebab lambatnya jaringan internet. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak pengguna internet lainnya.

Gunakan Perangkat Yang Bersepsifikasi Tinggi

Apabila cara-cara yang sudah disebutkan tersebut tidak membantu meningkatkan koneksi internet, bisa jadi lambatnya koneksi karena perangkat yang digunakan. Jika perangkat yang digunakan memiliki prosesor, RAM dan harddisk yang kapasitasnya rendah bisa menjadi penyebab koneksi internet lemot. Jadi pertimbangkan untuk mengganti perangkat yang memiliki spesifikasi tinggi.

Itulah tips internet untuk mempercepat jaringan koneksi internet. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More