Home TIps dan Trik Tips dan Trik Memanfaatkan Botol Plastik Bekas

Tips dan Trik Memanfaatkan Botol Plastik Bekas

by Diane Lowe

Botol plastik bekas adalah salah satu barang atau jenis sampah yang ada di sekitar kita, dan apabila dibiarkan sampah botol plastik bekas ini tentunya akan mencemari lingkungan karena tidak dapat terurai oleh tanah. Maka dari itu, berikut ini ada beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan untuk membuat botol palstik bekas menjadi barang yang berguna:

Sekop / Sendok

Botol plastik bekas dapat dimanfaatkan untuk membuat sekop atau sendok material, baik itu botol plastik berukuran kecil maupun botol plastik dengan ukuran besar.

Cara membuatnya adalah dengan memotong bagian bawah leher botol sehingga nantinya bisa digunakan untuk menyendok tepung, beras, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Shaker Bumbu Halus.

Mengalami kesulitan untuk menyimpan bumbu halus seperti garam atau lada halus. Gunakan botol plastik bekas untuk menyimpan bumbu-bumbu tersebut. Cukup masukkan garam/lada ke dalam botol, kemudian beri beberapa lubang pada bagian tutupnya. Maka shaker garam dan lada pun sudah jadi.

Penyemprot Pestisida

Suka berkebun dan mengalami kerepotan saat menuangkan pupuk atau pestisida? Cukup gunakan botol plastik yang pada tutupnya sudah diberi lubang-lubang kecil. Maka aktivitas mempupuk tanaman akan lebih mudah dan menyenangkan.  

Pot Tanaman

Cara paling mudah untuk memanfaatkan botol bekas adalah dengan mengubahnya menjadi pot tanaman. Botol plastik bekas dapat digunakan untuk pot gantung atau pot yang telah dipotong bagian atasnya.

Baca Juga:Kumpulan Trik Mudah Sehari-hari

Corong

Pernah mengalami kesulitan ketika memindahkan minyak goreng atau beras ke wadah lain? Botol plastik bekas bisa dijadikan solusi, potong separuh botol plastik, sehingga botol plastik bekas bisa dijadikan corong.

Penyimpan Minyak dan Cairan Pembersih

Botol plastik bekas juga bisa digunakan untuk menyimpan minyak goreng serta cairan pembersih, solar, oli, atau cairan lainnya. Agar botol tidak tertukar maka cukup beri tulisan pada botol dengan spidol permanen.

Tempat Uang Receh

Baca Juga:   Tips Sehat dan Cantik dengan Buah Lemon

Tips dan trik selanjutnya adalah dengan mengubah botol plastik bekas menjadi tempat untuk menyimpan uang receh, cara membuatnya adalah dengan menggabungkan dua potongan botol pada bagian bawah dengan resleting. Resleting tersebut bisa ditempelkan dengan lem yang kuat atau dijahit menggunakan benang yang kuat agar tidak mudah lepas.

Sapu

Mungkin terdengar aneh, akan tetapi botol plastik bekas memang bisa digunakan untuk membuat sapu. Caranya adalah dengan menggunakan botol plastik mineral dengan ukuran 1 liter. Hilangkan bagian bawah botol, lalu potong dengan ukuran setengah sentimeter dari bawah ke atas sehingga seperti rambut-rambut kecil yang tipis. Kemudian pasangkan gagang kayu pada bagian lubang botol atas, lalu eratkan dengan kawat atau tali, maka sapu dari botol plastik bekas pun siap digunakan.

Itulah tips dan trik mengubah botol plastik bekas. Selain dapat menjadi barang-barang yang berguna untuk kehidupan sehari-hari, juga dapat mengurangi sampah botol plastik sehingga dapat membantu menjaga lingkungan sekitar.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More