Home Mom Sedang Menanti Momongan? Kenali 9 Ciri-ciri Hamil Berikut

Sedang Menanti Momongan? Kenali 9 Ciri-ciri Hamil Berikut

by Erin Nuzulia
ciri ciri hamil

Kehamilan merupakan momen yang sangat ditunggu sekaligus menegangkan bagi para pasangan terutama yang baru menikah dan menantikan kehadiran buah hati, namun kadang ciri-ciri hamil tidak begitu nampak karena gejala umumnya tidak selalu dialami oleh semua ibu hamil.

ciri ciri hamil

Banyak orang yang mengira jika ciri-ciri hamil muda hanya lah terlambat datang bulan atau mual-muntah di pagi hari saja, padahal tidak hanya itu lho.

Berikut kita bahas 9 ciri-ciri atau gejala awal kehamilan agar Anda bisa aware terhadap kehamilan Anda sejak dini.

Sedang Menanti Momongan? Kenali 9 Ciri-ciri Hamil Berikut

1. Terlambat datang bulan

Ciri awal kehamilan yang biasanya paling mudah dideteksi adalah terlambat datang bulan, tapi gejala ini tidak bisa dijadikan patokan utama karena nyatanya tidak semua perempuan yang terlambat datang bulan ini mengalami kehamilan, mungkin saja memang ada pergeseran atau gangguan siklus yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Namun jika seorang perempuan belum juga mendapatkan haidnya setelah 35 hari/1 siklus, atau sudah mengalami keterlambatan hingga 2 minggu, ada baiknya segera melakukan tes kehamilan.

2. Morning sickness

Yang kedua adalah gejala kehamilan yang biasanya menjadi acuan banyak orang, yaiyu morning sickness atau mual-muntah di pagi hari. Meskipun ini merupakan gejala umum, tapi tidak semua ibu hamil mengalaminya. Morning sickness ini biasanya kerap muncul selama 13 minggu sejak awal kehamilan. Tapi ternyata ada kasus pada beberapa ibu hamil justru terjadi sampai trimester akhir kehamilan.

3. Kram pada perut

Kram tersebut nyaris sama dengan kram ketika haid, hal ini pula yang biasanya membuat beberapa perempuan menyangka bahwa itu merupakan gejala menstruasi saja.

4. Sembelit

Peningkatan hormone progesterone lah yang menyebabkan sembelit pada ibu hamil. Hal ini tentunya sangat menyiksa. Dan untuk menyiasatinya, minumlah air putih dengan teratur, berolahraga ringan, serta mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.

Baca Juga:   Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh

5. Beser

Sekitar minggu ke-6 atau ke-8, beberapa ibu hamil mulai mengalami peningkatan frekuensi berkemih alias beser. Hal ini bukan terjadi karena adanya masalah diuretik, namun faktor hormonlah yang mempengaruhi kondisi ini.

6. Keputihan

Ternyata ibu hamil, terutama hamil muda mungkin saja mengalami keputihan. Hal ini disebabkan oleh menebalnya dinding vagina karena pembuahan. Adanya peningkatan pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina ini lah yang akhirnya menyebabkan keputihan. Hal ini normal selama tidak menimbulkan sensasi gatal dan panas, atau bau keputihan yang menyengat.

7. Perubahan pada payudara

Ibu hamil mungkin akan mengalami pembengkakan pada payudara yang terasa sakit atau geli selama 1-2 minggu setelah pembuahan. Di areola pun timbul garis urat, dan kadang warnanya berubah gelap.

8. Lelah

Lagi-lagi hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan hormon progesteron, penurunan kadar gula darah, rendahnya tekanan darah, serta adanya peningkatan produksi darah. Tapi jangan khawatir, hal ini adalah hal yang normal. Imbangi saja dengan istirahat yang cukup, serta mengonsumsi makanan dengan protein dan zat besi yang tinggi.

9. Sakit kepala dan punggung

Beberapa ibu hamil mengeluhkan sering mengalami sakit kepala, beberapa lainnya mungkin mengeluhkan sakit pada punggungnya. Hal ini wajar mengingat adanya perubahan massa tubuh seiring dengan berkembangnya janin di dalam rahim. Maka dari itu, para perempuan yang sedang hamil muda sebaiknya menjaga stamina tubuhnya, jauhi stres, dan milikilah pola makan yang teratur.

Bagaimana? Cukup jelas kan informasinya? Namun untuk referensi tambahan, Anda bisa juga mengakses https://review.bukalapak.com/mom/ciri-ciri-hamil-muda-110840.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More