aladintips.com

aladintips.com
Rindu, Ingat Sejarah dan Jadwal Moto GP 2019

Rindu, Ingat Sejarah dan Jadwal Moto GP 2019

Buat sebagian orang, ajang kompetisi bergengsi MotoGP sangatlah ditunggu-tunggu. Apalagi sebelumnya jadwal moto gp 2019 menjadi favorit untuk di download berulang kali.

Kompetisi atau kejuaraan dunia balap motor ini memang sering disebut sebagai MotoGP, atau nama resminya FIM MotoGP World Championship. Ini yang merupakan kelas utama dari seri balapan Grand Prix, sepeda motor.

jadwal moto gp 2019

Tapi siapa sangka, bahwa dulunya kejuaraan masuk pada kelas yang dikenal dengan kelas 500cc atau biasa disebut dengan GP500. Kejuaraan ini pertama kali digelar sejak musim 1949.

Diantara yang masuk dalam pabrikan sepeda motor untuk balapan bergengsi di dunia ini adalah:

Rindu, Ingat Sejarah dan Jadwal Moto GP 2019

  • Ducati
  • Honda
  • KTM
  • Suzuki
  • Aprilia
  • Hingga Yamaha

 

Kini, untuk kelas MotoGP akan lebih kita kenal dari adanya perubahan regulasi untuk kelas 500 cc pada musim 2002 silam, yang mana juga dapat disebut sebagai tahun transisi. Lihat sejarahnya!

  • tahun transisi

Pada tahun transisi tersebut, menjadi periode terakhir pada mesin dua langkah yang digunakan dalam lomba kompetisi kelas premier. Dan untuk pertama kalinya dalam rentang waktu 2002-2006, pabrikan sepeda motor diatas diizinkan untuk memperbesar kapasitas mesin motor.

  • kapasitas mesin

Adapun kapasitas total mesin khusus yang bisa diubah diantaranya, pada mesin 4 tak, bisa diperbesar menjadi 990 cc,  dan juga mengalami perubahan menjadi 800 cc pada tahun 2007.

Produsen atau pabrikan, juga diberikan kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan, bisa tiga hingga enam dengan batasan berat tertentu.

Dengan adanya peraturan ini, maka disahkan motor 4 tak yang ber cc besar tersebut, berawal pada kelas GP500 diubah namanya menjadi MotoGP.

Seiring dengan berjalannya waktu, hingga di tahun 2012 kapasitas mesin untuk perlombaan MotoGP dinaikkan menjadi 1000 cc maksimalnya.

  • bintang

Tak lengkap rasanya jika tak mengenal nama Valentino Rossi sewaktu kita mengucapkan kata MotoGP. Seolah-olah ialah ikon motoGP. Ya memang benar sempat seperti itu.

jadwal moto gp 2019

Kehidupan Valentino Rossi pun juga semakin berubah setelah ia berhasil memenangkan beberapa kali kejuaraan balapan motor bergensi tingkat dunia ini. Istilahnya karir dan juga pabrikan Yamaha motornya jadi naik daun.

Selain Valentino Rossi, tersebut nama Nicky Hayden yang juga sempat memenangi gelarnya di tahun 2006 silam dengan pabrikan Honda.

Masih di tahun yang sama namun berbeda musim, tersebut nama Casey Stoner yang menjadi juara dengan motor dari Ducati tersebut.

Masih ada nama lainnya seperti Makoto Tamada, Dani Pedrosa, Marco Melandri, Sere Gibernau, Jurgen van den Goorbergh yang menjadi pemenang dan terkenal dalam ajang kompetisi bergengsi tingkat dunia ini.

  • jadwal motogp

Beralih pada sejarah didirikannya MotoGP dan perubahannya dari masa ke masa. Jadwal motogp 2019 kemarin ini juga tidak mengalami perubahan yang berarti dibandingkan dengan musim sebelumnya.

Berada pada total 19 seri pada musim balapan kemarin, hingga Spanyol yang masih menjadi negara dengan jumlah seri balapan terbanyak pesertanya. Hingga mendapatkan persaingan puncak klasemen MotoGP 2019.

Karena memang berlangsung persaingan sengit antara tiga pemenang berbeda yang terjadi pada tiga seri awal musim sebelumnya.

Adalah Andrea Dovizioso yang menang di Qatar, Marc Marquez yang menjadi pemenang di Argentina. Serta tak ketinggalan Alex Rin yang berhasil mengalahkan sang Master Valentino Rossi di Amerika.

Kalau kamu tahu, di tahun 2019 kemarin, seluruh acara balapan motor akan disiarkan secara live streaming di CNNIndonesia.com. Atau beberapa videonya juga sudah tersebar di youtube.

Untuk daftar Moto GP 2020 terbaru, kalian bisa simak juga daftar lengkapnya di sini!

Selamat menonton.