Home TIps dan Trik Kumpulan Trik Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

Kumpulan Trik Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

by Diane Lowe

Setiap ibu rumah tangga memiliki kebiasan belanja yang berbeda-beda, ada yang belanja bahan makanan sedikit, namun ada juga ibu rumah tangga yang membeli bahan makanan dalam jumlah banyak dalam sekali belanja. Bagi ibu rumah tangga yang membeli banyak bahan makanan tentunya harus menyimpan sayuran, buah, serta bumbu masakan. Namun jika tak benar dalam cara penyimpanannya akan membuat bahan makanan cepat membusuk, dan berikut ini adalah kumpulan trik yang bisa diaplikasikan dalam hal menyimpan bahan makanan agar awet dan tahan lama:

Jangan Menyimpan Bawang bersama Kentang

Untuk menyimpan bawang serta kentang tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas, akan tetapi yang harus diperhatikan adalah jangan menyimpan kedua bahan masakan ini secara berdekatan atau dalam satu wadah. Hal ini karena bawang mengeluarkan zat belerang yang dapat membuat kentang cepat membusuk, oleh karena itu jangan menyimpan bawang dan kentang berdekatan, dan jangan pula menyimpannya dalam satu wadah.

Menyimpan Daun-daunan dalam Plastik

Apabila ingin sayur-sayuran daun seperti bayam, kangkung, dan seledri lebih tahan lama di dalam kulkas, maka sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, harus diikat terlebih dahulu seperti buket bunga kemudian dibungkus dalam plastik. Cara ini akan membuat sayuran tahan lama, tidak layu dan tetap berwarna hijau segar.

Simpan Daun Bawang dalam Botol Plastik

Punya botol plastik bekas? Jangan dibuang, karena botol plastik bekas air mineral ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan daun bawang sehingga tetap hijau dan segar.

Simpan Kentang Bersama Apel

Pernahkah menyimpan kentang terlalu lama hingga tumbuh tunas? Untuk menghindari hal ini caranya sangatlah mudah yaitu dengan menyimpan kentang bersama apel. Apel mengandung zat yang bisa mencegah tunas tumbuh di kentang

Baca Juga:Kumpulan Tips Merawat Koleksi Buku

Membuang Buah Busuk

Baca Juga:   Life Hacks Memanfaatkan Barang Bekas yang Digunakan Sehari-hari

Apabila melihat buah yang busuk diantara buah-buah lainnya yang masih segar, maka segera buang buah busuk tersebut, karena buah yang busuk dapat menulari buah lainnya.

Mengolesi Keju dengan Mentega

Salah satu kumpulan trik lainnya dalam menyimpan makanan adalah dengan mengolesi keju dengan mentega sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini untk mencegah keju menjadi keras dan kering. Dengan diolesi mentega dan dimasukkan ke dalam plastik, maka keju akan tetap empuk dan dapat digunakan kapan saja.   

Menggantung Pisang

Ketika menyimpan pisang jangan diletakkan di meja makan, karena ini bisa membuat pisang cepat membusuk. Untuk menghindari pembusukan, caranya adalah dengan menggantung pisang sehingga buah pisang tidak tertekan serta kulit pisang tidak cepat menghitam.

Kumpulan trik ini tentunya sangatlah mudah untuk diaplikasikan, khususnya untuk menjaga keawetan bahan makanan. Dengan melakukan tips-tips ini juga sebagai bentuk penghematan karena bahan makanan bisa awet dan tahan lama sehingga tidak perlu membeli bahan makanan berulang kali hanya karena bahan makanan membusuk.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More