Home TIps dan Trik Kumpulan Trik Menghemat Uang untuk Anak Kost

Kumpulan Trik Menghemat Uang untuk Anak Kost

by Diane Lowe

Anak kost tentunya harus hidup hemat, apalagi jika uang kiriman dari rumah belum datang. Beragam cara harus dilakukan untuk menghemat uang agar cukup hingga akhir bulan. Dan berikut ini adalah kumpulan trik menghemat uang yang bisa dilakukan oleh anak kost.

Jangan Boros di Awal Bulan

Anak kost biasanya memiliki kebiasaan untuk menghamburkan uang di awal bulan, apalagi jika baru saja mendapat kiriman dari orangtua, maka lagaknya sudah seperti raja yang memiliki harta tiada batas. Namun jika sudah akhir bulan barulah terasa akibatnya. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghemat uang adalah jangan boros di awal bulan, ingat bahwa kebutuhan masih banyak hingga akhir bulan.

Pisahkan Uang ke Beberapa Pos

Anak kost, apalagi yang masih sekolah atau kuliah tentunya memiliki kebutuhan yang cukup banyak, tidak hanya berkisar pada makan serta transport. Oleh karena itu anak kost harus belajar untuk melakukan penghematan dengan cara memisahkan uang ke dalam beberapa pos. Uang yang ada bisa dimasukkan ke dalam beberapa amplop sesuai kebutuhan dan untuk membedakannya di bagian luar amplop bisa ditulisi masing-masing kebutuhan. Misal, Uang Buku dan Fotokopi, Uang Makan, Uang Transport, Uang Pulsa, dan jenis-jenis kebutuhan lainnya.

Membeli Barang Sesuai Kebutuhan

Anak kost seringkali tergoda bermacam-macam barang, apalagi jika melihat teman sudah memilikinya, namun sebisa mungkin jangan sampai tergoda. Beli barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Apabila memang benar-benar menginginkan suatu barang, maka sebisa mungkin harus dengan cara menabung atau menyisihkan uang sedidkit demi sedikit untuk membeli barang tersebut.

Numpang Makan

Salah satu dari kumpulan trik untuk menghemat uang adalah dengan cara numpan makan. Punya teman yang tinggal di kota tempat kita kuliah atau sekolah? Tak ada salahnya untuk numpang makan di rumahnya, apalagi kalau kita memang dekat dengannya. Akan tetapi jangan setiap hari numpang makan, cukup seminggu sekali atau sebulan dua kali. Lumayan untuk perbaikan gizi dan menghemat uang.

Baca Juga:Kumpulan Trik Mudah Sehari-hari

Jalan Kaki atau Gunakan Sepeda ke Kampus / Sekolah

Baca Juga:   Kesalahan Fatal Pada Bisnis Pulsa yang Sering Disepelekan

Jika jarak antara kost dengan kampus atau sekolah tidak terlalu jauh, tentunya ini bisa menghemat anggaran transportasi, tak perlu naik bus atau kendaraan umum. Cukup jalan kaki atau naik sepeda, selain sehat juga hemat.

Memasak Sendiri

Apabila di tempat kost disediakan dapur, tak ada salahnya untuk memasak bahan makanan sendiri. Ini tentunya bisa menghemat anggaran makan, serta tentunya jauh lebih sehat.

Simpan Uang Recehan

Apabila mendapatkan uang recehan sisa kembalian, simpan baik-baik atau masukkan ke tabung kecil. Meski terdengar remeh, namun uang receh ini sangat bermanfaat, khususnya saat akhir bulan.

Itulah kumpulan trik menghemat uang untuk anak kost. Ingat, hemat pangkal kaya, oleh karena itu jangan terlalu boros dan menghambur-hamburkan uang hanya untuk keinginan sesaat.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More