Home Hobbies Awal Mula Game Catur yang Digandrungi Masyarakat

Awal Mula Game Catur yang Digandrungi Masyarakat

by Erin Nuzulia
game catur

Salah satu permainan yang mampu mengasalah kemampuan otak adalah catur. Game catur bisa disebut dengan permainan mental yang dimainkan oleh dua orang. Permainan ini dimainkan di atas papan kotak-kotak yang jumlahnya 64 buah kotak yang disusun dalam petak 8×8. Kotak-kotak catur ini berwarna hitam dan putih dengan jumlah sama rata yaitu 32. Perlu diketahui bahwa permainan catur ini adalah permainan sejuta umat. Kamu dapat dengan mudah menemui bapak-bapak bermain catur di pos ronda untuk mengisi waktu luangnya.

game catur

Game catur diyakini berasal dari permainan tradisional di negara India. Dahulu sekitar abad 7 terdapat permainan Chaturangga di India yang diyakini menjadi asal muasal Catur itu.  Chaturangga ini ternyata diadaptasi oleh masyarakat Timur seperti di Cina, Korea, Jepang. Di Cina permainan dengan papan seperti ini disebut dengan Xiangci, di Korea disebut dengan Jianggi, sedangkan di Jepang disebut dengan Shog. Lebih meluas lagi, permainan dengan papan ini masuk ke Eropa pada abad ke 9. Kemudian di Eropa inilah buah-buah catur yang saat ini dikenal diperkirakan dibentuk di situ. Lebih spesifiknya buah catur dibentuk ada akhir abad 15 di Spanyol. Hingga pada abad ke 19 terdapat standardisasi permainan catur modern.

 

Sebelum memulai permainan catur, kamu mesti mengenal dulu buah-buah catur dengan jumlah 16 untuk masing-masing pemain. Tiap pemain akan mendapatkan buah catur dengan jumlah yang sama, dengan bentuk yang sama, hanya saja berbeda warna. Permain pertama mendapatkan buah catur warna putih sedangkan pemain satunya mendapatkan warna hitam. 16 buah catur tersebut terdiri dari satu Raja (King), satu Menteri atau Ratu (Queen), dua Benteng (Rook), dua Kuda (Knight), dua peluncur (Bishop) dan delapan Pion. Masing-masing bidak catur memiliki gerakannya sendiri. Yang memiliki kekuatan alias bisa berjalan kes egala arah tanpa batas adalah Ratu, sedangkan yang pergerakannya sangat terbatas adalah Pion.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Sepatu Kets Wanita tanpa Tali Terbaru

 

Permainan catur memiliki tujuan utama mematikan Raja lawan atau biasa disebut dengan skakmat. Jika Raja lawan sudah dalam posisi tidak bisa ke mana saja akibat terhadang atau dalam posisi dimakan pemain satunya maka Skakmat bisa terjadi. Untuk mendapatkan skakmat maka segala taktik diadu. Taktik menyerang dengan cermat adalah kunci agar bisa memenangkan permainan catur ini. Menyerang lawan artinya satu ersatu buah catur lawan dimakan dan buah catur pemain satunya sebisa mungkin dipertahankan. Jika permainan tidak berakhir pada keadaan Skakmat, maka permainan bisa berakhir pula dalam keadaan seri atau remis.

game catur

Jika kamu tidak memiliki papan catur secara fisik, saat ini banyak sekali game catur yang bisa kamu dapatkan melalui smartphone kamu. Game catur online tentunya memiliki prinsip yang sama dengan game catur fisik. Kamu bisa melakukan permainan catur secara online melalui handphone dengan menantang lawan yang bisa berupa roboot atau orang lain.

 

Level permainan dalam game cautr online ini juga bisa kamu pilih, jika kamu belum terlalu jago kamu bisa memilih type basic. Level permainan ini akan menentukan pemilihan lawan yang tepat buat kamu. Namun jika kamu merasa sudah canggih dan sangat brilian dalam bermain catur, kamu bisa memilih level advance. Tentu saja experience bermain online atau fisik akan berbeda, karena tidak ada kontak psikis yang kadang juga berlangsung sengit.

 

Itu dia tadi sekilas infomasi tentang game catur yang bisa kamu mainkan. Alternatif jika kamu tidak memiliki papan catur adalah dengan mendownload game catur secara online. Selamat bermain!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More