Home TIps dan Trik Artikel Tips Mencegah Baterai Smartphone Android Cepat Habis

Artikel Tips Mencegah Baterai Smartphone Android Cepat Habis

by Diane Lowe

Masalah yang kerap terjadi pada smartphone adalah baterai yang cepat habis. Sebenarnya masalah tersebut tidak hanya terjadi pada ponsel, namun sering juga terjadi pada barang elektronik lainnya seperti: tablet dan laptop. Artikel tips kali ini akan membahas mengenai cara bagaimana agar baterai smartphone tidak ngedrop atau tidak mudah habis.

Sekarang sudah ada teknologi power bank yang digunakan untuk penampung listrik. Alat tersebut bisa digunakan namun sebaiknya jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan smartphone cepat panas dan baterai kembung. Sebaiknya gunakan power bank pada saat situasi darurat.

Ada beberapa faktor penyebab yang mengakibatkan baterai smartphone cepat habis yaitu karena umur baterai yang sudah tua atau bisa juga karena cara menggunakan dan perawatan yang tidak tepat.

Nah, dalam artikel tips berikut ini kami akan menginformasikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi baterai tetap baik dan bekerja dengan maksimal.

  • Mematikan Notifikasi Yang Tidak Dipakai

Salah satu penyebab baterai cepat habis adalah banyak aplikasi yang tidak penting menyala. Sebaiknya matikan notifikasi dengan cara masuk ke setting lalu pilh Apss. Setelah itu pilih notifikasi yang akan dinonaktifkan dengan cara dicentang.

  • Matikan Getar Dan Jangan Gunakan Wallpaper Hidup

Jenis wallpaper live bisa membuat baterai cepat habis, jadi sebaiknya pilih wallpaper yang tidak bergerak. Selain itu matikan mode getar, mode ini bisa digunakan dalam situasi atau kondisi yang mengharuskan smartphone di silent.

Baca Juga: Daftar Harga Hp Samsung Terbaru dan Tercanggih Tahun Ini

  • Turunkan Kecerahan Cahaya Layar

Semakin besar/ terang cahaya layar yang digunakan maka semakin berpotensi baterai terkuras habis. Ubah setingan cahaya pada layar, bisa menggunakan cara manual ataupun otomatis. Jangan lupa atur sleep dalam hitungan detik setelah selesai menggunakan smartphone.

  • Matikan Aplikasi GPS, Wifi dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan
Baca Juga:   Tips Bekerja Prima Meski Sedang Kondisi Puasa

Smartphone android sudah dilengkapi berbagai macam fitur, namun bukan berarti semua fitur harus terus diaktifkan. Misalnya fitur GPS, Wifi dan Bluetooth bisa di off jika tidak digunakan karena ketiga aplikasi tersebut akan terus memperbaharui sinyal dan jaringan. Otomatis akan mengambil daya dari baterai.

  • Gunakan Charger Dengan Cara Tepat

Sebaiknya gunakan charger yang sesuai dengan merk smartphone yang Anda gunakan. Jika menggunakan charger dari merk yang berbeda, dikhawatirkan bisa menyebabkan baterai bocor dan hangus karena terjadi perbedaan tegangan. Kondisi yang tepat saat mencharger adalah smartphone dalam kondisi off. Sebaiknya jangan menunggu sampai baterai habis, sisakan beberapa persen untuk kemudian dicas.

  • Menggunakan Aplikasi Hemat Baterai

Sekarang ada berbagai pilihan aplikasi menghemat baterai yang bisa Anda gunakan pada smartphone android Anda. Seperti: Avast Battery Saver, DU Battery Saver dan aplikasi penghemat baterai lainnya.

Demikian artikel tips mengenai cara menghemat baterai smartphone, semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More