Home Beauty Ampuh! 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Wajib Kamu Lakukan!

Ampuh! 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Wajib Kamu Lakukan!

by Erin Nuzulia

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang tidak diinginkan siapa pun, apalagi bagi kaum wanita. Jerawat sesungguhnya termasuk dalam penyakit kulit yang sangat mengganggu penampilan. Saking mengganggunya, ingin rasanya segera menemukan cara menghilangkan jerawat secara kilat. Padahal, cara menghilangkan jerawat juga cocok-cocokan, tergantung pada jenis kulit penderitanya.

Ada banyak jenis jerawat yang harus kamu tahu, misalnya saja komedo hitam, komedo putih, pospula, pustula, nodulat, dan jerawat kista atau di kenal juga sebagai jerawat batu. Ada baiknya sebelum mengatasi jerawat, kamu harus memahami jenis jerawat yang bersarang di wajahmu. Hal ini dilakukan agar kamu tidak mengalami gejala infeksi yang justru memperparah kondisi jerawatmu.

Ampuh! 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami yang Wajib Kamu Lakukan!

  1. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Sesungguhnya tangan kita mengandung banyak sekali bakteri. Jika menyentuh kulit wajah terutama yang berminyak, ini akan merangsang tumbuhnya jerawat apalagi jika tanganmu kotor dan tidak mencuci tangan sebelum menyentuh wajah.

  1. Cuci muka minimal 2 kali sehari dan sehabis olahraga

Mencuci muka adalah hal yang wajib dilakukan secara rutin, minimal dilakukan dua kali sehari dan pasca olahraga.  Pasca berolahraga, pori-pori akan membesar. Oleh karena itu, mencuci muka akan membuat pori-pori kulit mengecil sehingga kotoran dan debu tidak mudah masuk ke dalamnya. Meski demikian, jangan sampai kamu terlalu sering mencuci karena wajah bisa kekurangan pelembab dan terlihat kering.

  1. Menggunakan Tomat

Tomat dipercaya mengandung zat anti oksidan dan vitamin yang sangat baik untuk kulit wajah, salah satunya adalah zat lycopene, yakni antioksidan yang sangat kuat sehingga mampu meningkatkan faktor perlindungan kulit, meningkatkan kolagen, hingga mampu membantu sel-sel kulit beregenerasi. Adapun cara pemakaiannya adalah dengan memotong tomat menjadi 2 bagian, oleskan sisi dalamnya ke seluruh area wajah. Biarkan selama 20 menit sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung zat anti oksidan yang tinggi, zat anti bakteri, anti jamur, dan juga antiseptik. Bawang putih juga memiliki zat allicin, yang dipercaya mampu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi pembengkakan serta peradangan. Cukup dengan mencampurkan 4 siung bawang putih dan air matang, lalu blender hingga halus. Ratakan pada seluruh bagian wajah yang berjerawat secara merata dan tipis. Diamkan 10—15 menit, lalu bilas hingga bersih.

  1. Memakai Lidah Buaya

Kini sudah banyak sekali brand kosmetik yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan dasarnya. Manfaat lidah buaya memang sangat banyak dan sudah teruji secara klinis. Lidah buaya dipercaya mengandung antioksidan, mineral, vitamin C, dan E.

Baca Juga:   Lipstik Wardah Intense Matte Series. Warna Cantik Tanpa Bibir Kering

Untuk menghilangkan jerawat, kamu bisa mengambil gel pada bagian dalam lidah buaya. Lalu haluskan gel lidah buaya tersebut. Kamu bisa mengaplikasikan lidah buaya tersebut di wajah yang sudah dibersihkan seperti masker wajah. Diamkan sampai mengering, lalu bilas hingga bersih.

  1. Pakai Masker Putih Telur dan Lemon

Putih telur dipercaya sebagai salah satu sumber vitamin alami yang memiliki bermanfaat. Di dalam putih telur ada sifat astringen, yakni mampu membantu mengecilkan pori-pori kulit. Kamu bisa menggunakan campuran 1 butir putih telur yang dicampur dengan perasan 1 buah lemon. Pakaikan ke wajah secara merata, lalu diamkan 15 menit. Bilas setelah mengering hingga bersih.

  1. Pakai Campuran Kunyit, Jeruk Nipis, dan Madu

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan memakai campuran dari kunyit, jeruk nipis, dan madu. Caranya pun cukup mudah, cukup dengan haluskan kunyit secukupnya, tambahkan  perasan jeruk nipis, dan 2 sendok makan madu. Aduk hingga tercampur rata, lalu aplikasikan ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat-hangat kuku.

 

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More