aladintips.com

aladintips.com
8 Tips Hidup Sehat Untuk Para Penulis

8 Tips Hidup Sehat Untuk Para Penulis

Para penulis, kadang suka bekerja di tengah malam, alasanya cukup simpel, biar lebih hening dan sunyi. Biar imajinasi mereka bisa lahir dan tercipta.  Para penulis, apapun jenis tulisannya, seperti artikel, novel, cerpen jurnal ilmiah dll, memang mempunyai gaya hidup tersendiri. Mereka kerap menghabiskan waktu di depan layar, dan di meja kerja mereka. Kadang sampai lupa waktu. Kadang sampai lupa istirahat.  Kadang mereka juga menjauhkan segala macam komunikasi dari dunia keramaian. Nah, kali ini kami akan bagikan 8 tips hidup sehat untuk para penulis. Karena bagaimanapun, kesehatan Anda sebagai penulis harus dijaga dan diurus. Kalau Anda mampu menjaga kesehatan, toh semuanya juga kembali manfaatnya ke diri Anda, dan Anda pun bisa lebih semangat dalam menuliskan karya-karya Anda.

  • Sebagai penulis, kita jangan sampai lupa menjaga tubuh dan kebugaran kita dengan meminum vitamin C. Mulai dari sekarang cobalah sediakan suplemen vitamin  C di meja kerja Anda. Agar kekuatan tubuh Anda tetap maksimal, tidak gampang lelah dan sakit-sakitan. Dan pikiran Anda pun menjadi lebih fresh dan segar.
  • Makan buah segar dua kali sehari. Variasikan warna buah: merah, hijau dan orange misalnya, dan bergantian antara anggur / buah, apel, pir dan jeruk. Sediakan selalu di meja kerja penulis Anda.
  • Banyak dari penulis yang lupa untuk mengisi asupan makannya dengan protein dan nutrisi. Jadi penting bahwa Anda harus mengkonsumsi makan-makanan yang benar, agar pikiran Anda lebih segar dan imajinasinya Anda berkembang maksimal.  Sebagai aturan praktis, selalu mengisi setengah piring Anda dengan sayuran, dan seperempat masing-masing protein dan karbohidrat yang baik. Pastikan Anda memilih sayuran dalam berbagai warna yang berbeda (hijau, merah, oranye, kuning)
  • Pilih sumber protein yang baik, dan mencoba untuk memasukkan ikan berminyak seperti salmon dan tuna dua kali seminggu. Hindari daging merah sebanyak mungkin; menyimpannya untuk sekali seminggu (atau kurang!), dan memilih potongan yang sangat ramping.
  • Kunyah makanan dengan baik, sampai menjadi lembut dan hampir cair. Ini akan sangat membantu pencernaan Anda, dan Anda akan makan lebih sedikit!
  • Minum air termasuk gizi yang paling penting untuk Anda, jadi pastikan Anda mengonsumsi 6-8 gelas air sehari. Mengurangi asupan kopi dan soda Anda, dan menggantinya dengan teh dan jus sayuran yang bisa Anda letakan di meja kerja Anda..
  • Lakukan paktek pernapasan sepanjang hari. Anda akan kagum pada efek menenangkan langsung pada tubuh Anda. “Satu-nafas” meditasi adalah teknik relaksasi yang kuat, sederhana yang dapat dipraktekkan kapan saja, di mana saja termasuk saat Anda sebagai penulis, yang selalu menghabiskan waktu di kursi kerja Anda.
  • Cobalah setiap kali Anda merasa lelah atau lemas: duduk di kursi yang nyaman, meluruskan punggung Anda, rilekskan bahu Anda dan mengambil napas dalam-dalam. Biarkan udara membuka dada, dan membayangkan bahwa itu revitalisasi setiap sel dalam tubuh Anda. Tahan napas selama hitungan 3, lalu buang napas melepaskan setiap sedikit ketegangan. Ulangi 8 kali. Lalu lanjutkan menulis lagi, agar pikiran Anda menjadi lebih tenang dan tidak tegang.

Semoga 8 tips hidup sehat di atas untuk para penulis, bisa bermanfaat bagi Anda yang memang bekerja menjadi penulis. Sekian dan terimakasih.