aladintips.com

aladintips.com
5 Obat Diare Alami; Langkah Mudah Pertolongan Pertama Saat Diare

5 Obat Diare Alami; Langkah Mudah Pertolongan Pertama Saat Diare

Diare umumnya terjadi karena gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Diare dapat muncul kepada siapa saja, dengan kondisi yang berbeda. Gaya hidup yang tidak sehat kurangnya menjaga kebersihan saat makan, yang telah terkontaminasi bakteri, virus, sehingga membuat kita rentan terkena Diare.

Faktor makanan menjadi penyebab utama, seseorang mengalami Diare. Terlebih bagi mahasiswa yang tinggal di kost dan membeli makanan di luar secara sembarangan. Mahasiswa yang tinggal di kost sangat rentan terhadap penyakit satu ini. Ketidaktelitian dalam membeli makanan, serta faktor malas untuk memasak makanan sendiri, menyebabkan tubuh menjadi lemas dan berujung sakit perut.

Bagi mahasiswa yang tinggal di kost, ketika mengalami Diare sudah tentu akan akan mencari pertolongan pertama untuk mengurangi frekuensi Diare. Penggunaan obat Diare yang mengandung bahan kimia yang tersedia di warung atau toko terdekat menjadi pilihan utama untuk mengobati gejala mulas. Namun dalam kondisi yang kritis, mahasiswa yang mengalami Diare dianjurkan untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat, sehingga mendapatkan penanganan yang maksimal.

Sakit dan kondisi perut yang tidak nyaman, merasa mulas terus menerus dan harus bolak balik pergi ke kamar mandi. Tentunya kondisi tersebut menjadikan penghalang bagi kelancaran kegiatan dan aktivitas kita sehari – hari. Seperti dalam situasi seperti ini, mahasiswa yang sedang menerapkan sistem belajar online, jika mengalami Diare sudah dipastikan akan sangat mengganggu sistem belajarnya.

Belajar di rumah dengan kondisi sedang Diare memang sangat tidak mengenakkan. Pikiran menjadi tidak fokus, badan lemas, nafsu makan hilang, dan belum lagi harus ekstra bolak balik pergi ke kamar mandi. Namun dalam kondisi tersebut mahasiswa dapat menerapkan pertolongan pertama dengan mengonsumsi obat diare secara alami yang sudah tersedia di rumah.

Penggunaan obat diare secara alami, memang menjadi langkah mudah sebagai pertolongan pertama saat Diare. Selain tidak menimbulkan efek samping yang berlebihan, obat Diare alami ampuh menghilangkan rasa mulas dan mampu menyembuhkan secara cepat.

diare 2

5 Obat Diare Alami; Langkah Mudah Pertolongan Pertama Saat Diare

  1. Larutan Oralite Racik Sendiri

Larutan oralite merupakan cairan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa mulas dan mampu menyembuhkan sakit perut akibat Diare. Larutan oralite umumnya kita bisa temukan di apotek atau toko obat terdekat. Namun dalam kondisi yang mendesak, larutan Oralite ini dapat kita racik sendiri di rumah. Bahan yang digunakan cukup sederhana dan mudah. Yakni dengan Mencampurkan 6 sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam yang kemudian dilarutkan bersama 1 liter air. Bahan –bahan tersebut kemudian diaduk secara rata, dianjurkan diminum degan teratur 4-6 jam sekali. Perpaduan Gula dan Garam merupakan elektrolit yang mampu dipercaya dapat menyembuhkan Diare dalam waktu yang cepat.

  1. Memperbanyak Minum Air Putih

Dalam kondisi Diare, tubuh akan merasakan lemas dan kita akan mulai dehidrasi. Meminum air putih mampu menghilangkan dehidrasi yang berlebih dan memperlancar pembuangan kotoran, serta membantu menetralisasi bakteri dan virus yang berkembang. Oleh karena itu disarankan untuk memperbanyak minum air putih pada saat Diare.

  1. Air Rebusan Jahe

Jahe merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Selain membantu untuk meningkatkan stamina dan imun. Jahe juga mampu menyembuhkan Diare. Jahe membantu membersihkan kotoran di perut akibat bakteri atau virus, sehingga rasa sakit dan mulas dapat teratasi. Caranya adalah dengan merebus irisan jahe, kemudian diminum secara rutin selagi hangat.

  1. Air Rebusan Daun Jambu Biji

Siapa yang tidak mengenal Jambu Biji, buah yang kaya manfaat ini ternyata juga mampu mengobati rasa sakit Diare. Jika pekarangan rumah kalian terdapat pohon Jambu Biji, maka kita bisa memanfaatkan Daunnya untuk direbus, kemudian beri sedikit larutan garam. Kemudian air rebusan Jambu Biji tersebut kita minum selagi hangat.

  1. Perasan Kunyit

Kunyit sebagai tanaman rempah rempah, sudah dipastikan memiliki khasiat mutu sebagai obat tradisional. Kunyit mampu menyembuhkan rasa mulas saat diare. Kunyit memiliki kemampuan untuk membersihkan kotoran dalam perut akibat kontaminasi bakteri dan virus. Ketika Diare, dianjurkan meminum air rebusan perasan kunyit selama merasa Diare, lebih baik dikonsumsi 3 kali dalam sehari. Sehingga lebih cepat meredakan rasa mulas serta mempercepat penyembuhan.

Setelah mengetahui beberapa obat alami untuk mengobati Diare. Kita bisa menyediakan bahan-bahan tersebut dari sekarang, untuk antisipasi saat Diare melanda. Namun jika Diare berlangsung terus menerus dan belum bisa disembuhkan dengan obat alami, sangat dianjurkan untuk langsung rujuk ke rumah sakit. Penderita diare dengan tingkat lanjut dengan adanya dehidrasi dan tidak kunjung membaik seringnya terjadi pada anak-anak. Untuk itu diperlukan obat dokter dan penanganan khusus dari rumah sakit untuk mendapatkan obat dokter yang dianjurkan. Obat Diare untuk anak bisa juga dilihat di https://review.bukalapak.com/mom/bu-hindari-salah-pilih-obat-dengan-mengenali-5-jenis-obat-diare-pada-anak-90271.