4 Tips Komputer Paling Aman dan Tepat untuk Membersihkan PC

Ada sekian tips komputer yang perlu diaplikasikan untuk membantu menjadikan perangkat satu ini lebih tahan lama. Salah satunya menjaga kebersihan komputer tersebut, terutama untuk PC yang memang terdiri atas beberapa komponen. Debu dan segala macam kotoran yang menempel selain merusak pemandangan juga membuat komputer tersebut mudah error bahkan mati total. Maka memperhatikan kebersihannya menjadi sangat penting akan tetapi jangan sembarangan sebab salah-salah komputer malah rusak usai seharian dibersihkan. Ada berbagai aturan yang wajib sekali dipahami dan diikuti untuk membersihkan perangkat ini.

Tips Aman dan Tepat Membersihkan PC

Komputer PC memang perlu sekali diperhatikan kebersihannya karena bisa jadi cepat rusak, terutama saat CPU kotor sekali. Membersihkan PC ini ternyata perlu mengikuti beberapa tips aman berikut:

  • Membersihkan mouse komputer,

Mouse ternyata juga wajib dibersihkan, untuk permukaan atas bisa dilap saja memakai kain bersih. Sementara untuk tetikus di bagian bawah mouse baiknya dibersihkan memakai cutton bud sebab merupakan area kecil dan sensitif. Supaya mouse terawat gunakan bantalan dari karet yang juga rutin dilap agar tidak menjadi tempat debu berkumpul.

  • Membersihkan bagian keyboard,

Keyboard merupakan komponen input yang juga wajib sekali diperhatikan kebersihannya, sebab gumpalan debu bisa mengganjal keyboard tersebut. Satu huruf saja pada keyboard tidak bisa berfungsi dengan baik maka akan dilakukan perbaikan total. Bahkan dalam kondisi tertentu Anda perlu membeli keyboard baru. Tentunya sayang terlebih jika keyboard yang dipakai merupakan produk mahal dan bermerek namun rusak begitu saja. Membaca tips komputer membuat Anda perlu menyediakan vacuum cleaner guna membersihkan debu di sela-sela tombol keyboard.

Baca Juga: 4 Tips Komputer Ketika Menggunakannya Agar Tubuh Tetap Fit

  • Membersihkan area CPU,

Area CPU merupakan komponen utama dalam sebuah PC dan menjadi bagian dengan fisik paling bongsor. Membersihkannya perlu membuka penutup CPU dengan obeng dan diposisikan miring untuk mencegah masuknya debu ke sela terjatuh. Gunakan perlengkapan yang menghembuskan angin untuk membersihkan debu yang menempel. Jika membersihkan dengan lap tentu bukan keputusan tepat mengingat banyak komponen sensitif di dalamnya dan areanya terlalu sempit untuk dimasuki tangan sekalipun. Maka memakai alat khusus akan membantu membersihkan secara cepat dengan hasil maksimal

  • Membersihkan layar monitor,

Layar monitor yang kotor tentu akan mengurangi kenyamanan saat memakai PC di rumah maka wajib dibersihkan secara teratur. Agar tidak ada goresan atau cacat di layar maka gunakan lap dengan permukaan lembut namun tidak berserabut halus. Gunakan pula cairan khusus pembersih LCD komputer yang membantu meluruhkan noda bandel dan gumpalan debu pada monitor. Semprotkan cairan pembersih dengan jarak yang cukup sebab jika berlebihan maka bisa merusak komponen elektronik di dalamnya. Membaca tips komputer satu ini bisa membantu menjaga kesehatan komputer Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *