4 Tips Belajar Agar Lebih Efektif yang Bisa Anda Terapkan

Dari sekian tips belajar yang Anda temukan tentu beberapa diantaranya terbilang efektif mendukung proses pembelajaran. Seorang mahasiswa ataupun siswa sekolah tentu memiliki kegiatan rutin bernama belajar, sehingga ada sekian buku di depan mata. Mempelajari berbagai materi tentu tidak mudah namun seseorang yang paham bagaimana cara belajar dijamin tidak akan mengalami masalah. Justru beberapa orang tampil memikat sebab meluangkan waktu sebentar membaca materi di buku namun bisa mengingat apa yang dibacanya sampai mereka tumbuh dewasa bahkan menua.

Teknik Terbaik dalam Belaja

Anda ingin seperti itu? Mudah, pahami dulu teknik belajar yang benar sehingga tidak hanya menghafal melainkan memahami apa yang dipelajari. Adapun teknik yang bisa diterapkan antara lain

  • Pastikan pikiran dan badan segar,

Ketika akan belajar maka pastikan dulu tubuh dalam kondisi segar dan bugar, jangan sampai membawa tubuh kelelahan ke depan meja belajar. Dijamin sejam membaca materi tidak ada satu pun yang berhasil masuk ke kepala. Pilih waktu terbaik untuk belajar, misal di sore hari tatkala perut sudah kenyang dan badan bersih karena sudah mandi. Siangnya sudah istirahat pula sehingga belajar pun terasa nyaman.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Asing yang Menyenangkan dan Efektif

  • Menyiapkan apa saja untuk keperluan belajar,

Banyak orang berasumsi bahwa kebutuhan belajar sama seperti tuntutan untuk absen di medan perang, butuh persiapan matang. Ada baiknya siapkan semua kebutuhan belajar Anda jangan sampai ada yang terlewat supaya mudah mengaplikasikan tips belajar yang awalnya dibaca. Persiapan umum orang dalam belajar adalah memilih buku materi yang tepat, bab mana dulu yang baiknya dipelajari, dan lain sebagainya. Tidak lupa pula menyiapkan berbagai barang untuk menunjang pembelajaran misal kipas angin agar tidak kepanasan.

  • Mencoba latihan soal,

Belajar saja dengan cara membaca materi ternyata tidak terlalu efektif, kecuali Anda memang cukup lihai dalam menghafal. Jika tidak maka dianjurkan untuk memahami materi yang dibaca bukan dihafalkan kata per kata dan urutannya. Nah, siapkan buku latihan terlebih jika mempelajari materi yang melibatkan angka dan sistem berhitung. Maka lebih aman untuk menyelesaikan semua soal yang ditemui guna memastikan Anda sudah paham materi yang tadinya dibaca sebelum menggarap soal tersebut

  • Memilih teman belajar sebagai doping,

Apa yang Anda pikirkan saat mendengar istilah doping? Tenang saja, kali ini tidak mengarahkan Anda untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun doping disini adalah memilih teman belajar berupa makanan atau minuman yang sekiranya bisa meningkatkan mood Anda. misalnya saja jika Anda merasa lebih rileks saat belajar dan lebih mudah berkonsentrasi dengan teh hijau, maka siapkan secangkir atau bahkan seteko teh hijau ini di depan meja belajar. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan proses belajar dan menjadi tips belajar yang efektif sehingga bisa dilakukan terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *