Home Bisnis Tips Sukses Mempengaruhi Konsumen Untuk Membeli Barang Yang Anda Jual

Tips Sukses Mempengaruhi Konsumen Untuk Membeli Barang Yang Anda Jual

by Diane Lowe

Keberhasilan proses pemasaran dapat dilihat dari hasil akhir dimana konsumen membeli dan merasa puas dengan barang yang Anda jual. Berbagai macam cara dilakukan oleh pedagang agar konsumen merasa puas. Bagaimana cara mempengaruhi konsumen yang ampuh? Simak tips sukses dalam pembahasan berikut ini.

Cara Mempengaruhi Konsumen

Dalam strategi pemasaran cara mempengaruhi konsumen tidak perlu menggunakan metode hipnotis yang membuat orang tidak sadar atas apa yang mereka lakukan. Cara mempengaruhi konsumen dalam strategi pemasaran adalah dengan mengandalkan keahlian dalam berkomunikasi.

Berikut ini adalah beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mempengaruhi konsumen, yaitu:

  • Pendekatan stimulus respon yaitu teknik dengan cara menyampaikan ide dan pengetahuan mengenai barang yang dijual.
  • Pendekaan humanistic adalah pendekatan menggunakan cara yang sifatnya manusiawi. Contohnya: memberikan penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari barang yang dijual.
  • Pendekatan campuran adalah pendekatan yang menggabungkan kedua cara pada poin sebelumnya (stimulus respon dengan humanistic). Teknik ini bisa dibilang lebih memungkinkan karena disamping lebih ramah, teknik ini dibarengi dengan memberikan pengetahuan mengenai barang yang ditawarkan sehingga konsumen merasa yakin dan termotivasi untuk membeli.
  • Pendekatan dengan cara persuasive adalah teknik penjualan dengan cara meyakinkan pembeli, cara ini dilakukan untuk mengatasi keragu-raguan konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan.

Dari pembahasan tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa cara mempengaruhi konsumen bisa berhasil sepenuhnya jika menggunakan teknik yang tepat dan sesuai. Selain itu menjalankan teknik-teknik tersebut harus dibarengi dengan pengetahuan, pemahaman mengenai perilaku konsumen yang berkaitan dengan pengambilan keputusan apakah mereka membeli atau tidak barang yang ditawarkan.

Jadi tips sukses mempengaruhi konsumen harus dibarengi dengan pengetahuan mengenal dan memahami perilaku konsumen. Berikut penjelasannya:

Pahami Perilaku Konsumen

Baca Juga:   Tips Berolahraga Sebagai Gaya Hidup Sehat Wajib untuk Masyarakat

Sebagai seorang penjual sudah seharusnya mengetahui faktor-faktor apa saja yang menggerakan konsumen untuk membeli barang atau jasa. Seorang ahli pemasaran George Kartona melakukan pengklasifikasian mengenai pembelanjaan atau pengeluaran yang cenderung dilakukan orang, yaitu sebagai berikut:

Pertama: pengeluaran yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari hari.

Kedua: pengeluaran yang luar biasa, yaitu pengeluaran yang tidak terikat oleh waktu. Pengeluaran ini tidak ditentukan oleh kebiasaan dan biasanya terjadi secara mendadak.

Selain itu keputusan konsumen untuk membeli barang karena dipengaruhi beberapa faktor yaitu: budaya atau kebiasaan dimana konsumen tersebut tinggal. Selain itu tingkat sosial dan ekonomi juga mempengaruhi keputusan membeli atau tidak barang yang Anda tawarkan. Keputusan membeli atau tidak barang ditentukan juga oleh faktor psikologis, seperti sifat dan pengalaman serta keyakinan yang dipercaya.

Demikian tips sukses mempengaruhi konsumen yang bisa Anda pelajari lalu diaplikasikan dalam kegiatan bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More