Home TIps dan Trik Tips Olahraga untuk Tetap Menjaga Kesehatan Tulang

Tips Olahraga untuk Tetap Menjaga Kesehatan Tulang

by Diane Lowe

Melakukan oleh raga banyak dilakukan dengan tujuan untuk membantu menjaga kesehatan. berbagai jenis olah raga menggunakan kegiatan fisik untuk melenturkan otot hingga melakukan permainan yang melibatkan kegiatan lari, melempar, melompat dan sebagainya. Namun jika tidak dilakukan dengan hati-hati dan persiapan yang matang, berolah raga juga bisa mengakibatkan cidera terutama pada tulang, sendi dan otot. Untuk bisa mencegahnya, berikut ini tips olahraga untuk Anda agar bisa tetap berolah raga dengan resiko cidera yang minimal.

Jika Anda ingin memulai berolah raga terutama untuk olah raga permainan yang memerlukan kegiatan fisik tangkas seperti badminton, sepak bola dan sebagainya, maka sebaiknya memulainya dengan bertahap. Hal ini sangat perlu terutama bagi Anda yang belum pernah atau jarang melakukannya. Melakukan permainan olahraga bertahap dalam durasinya akan mencegah kram otot yang biasa terjadi setelah melakukan permainan tersebut. Misalnya untuk badminton, lakukan terlebih dahulu pemanasan selama 15 menit dengan cara meregangkan otot tangan maupun kaki, berlari-lari kecil, melompat, hingga melakukan beberapa atraksi dalam badminton. Kemudian bermainlah selama 30 menit saja di hari pertama olah raga Anda. Untuk permainan berikutnya, durasi bisa ditambahkan sesuai dengan kondisi otot Anda.

Untuk mencegah mudahnya seorang olahragawan terkena cidera otot ataupun tulang, maka ada baiknya melakukan tips olahraga berikut ini:

Baca Juga: 4 Tips Olahraga yang Efektif untuk Mendapatkan Bentuk Tubuh Ideal

  • Rajin mengkonsumsi susu high calcium.
  • Rajin melakukan olah raga di pagi hari meski hanya olahraga ringan.
  • Melakukan peregangan sebelum tidur atau di sore hari setelah beraktivitas.
  • Tidak mengkonsumsi minuman keras.
  • Meminimalisir konsumsi kopi.
  • Perbanyak minum air putih untuk mencegah kram otot.
  • Melakukan pemijatan otot dan saraf dengan benar secara rutin.

Selain melakukan tips diatas, cara lain yang juga diperlukan untuk mencegah cidera adalah dengan selalu menggunakan seragam safety ketika berolah raga sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Misalnya baju bersepeda lengkap dengan pelindung lutut, siku dan helm kepala. Pelindung kaki untuk olah raga futsal, dan lain sebagainya. Dengan adanya bantalan di setiap sendi atau tulang yang memiliki resiko tinggi cidera maka akan melindunginya dari benturan yang kerap terjadi saat berolah raga terutama di permainan olahraga.

Itulah beberapa tips olahraga bagi Anda yang ingin berolahraga dengan sehat dan aman. Kesehatan tulang dan sendi menjadi modal yang utama bukan hanya untuk melakukan olahraga namun juga untuk beraktivitas dengan normal. Karenanya menjaga kondisinya harus selalu dilakukan dan dijadikan gaya hidup untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berolah raga dengan kondisi tulang yang prima akan membantu meningkatkan kualitas olahraga Anda apalagi jika dilakukan untuk mengikuti pertandingan yang bisa menghasilkan suatu prestasi tersendiri.

Baca Juga:   Kumpulan Trik Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More