Ukulele: Alat Musik Petik yang Cantik, Mudah Digunakan, dan Cocok untuk Pemula

Gitar Ukulele bisa menjadi pilihanmu untuk belajar bermain musim petik dalam waktu singkat. Gitar ukulele terdiri atas berbagai jenis dan ukurannya juga berbeda-beda. Mulai dari jenis gitar dengan senar 3 hingga 4. Nah, penting pula untuk memilih gitar ukulele dengan komponen senar yang baik. Jadi, apa saja jenis gitar ukulele dan cara memilih senar ukulele yang bagus, yuk kita simak dalam ulasan berikut ini.

Jenis-Jenis Gitar Ukulele

Berikut adalah beberapa jenis gitar ukulele yang direkomendasikan, baik bagi pemula maupun pemain gitar yang sudah handal.

  1. Gitar Ukulele Model Soprano

Ukuran 33 cm. Tuning (standard) Tala g’c’e’a’ atau a’d’f#b’

Gitar ukulele model Saprano adalah model paling kecil yang merupakan bentuk tradisional dari ukulele. Ukurannya yang kecil menjadikannya praktis untuk dibawa kemana-mana. Model ini sangat disarankan bagi pemula yang ingin belajar ukulele. Jadi, kamu yang ingin mencoba bermain ukulele atau ingin memilikinya, pilihlah model terkecil ini.

  1. Gitar Ukulele Model Concert

Ukuran 38 cm, Tuning Tala g’c’e’a’

Ini adalah model yang sudah disinggung di awal sebagai gitar ukulele yang seringkali digunakan oleh orang Indonesia. Body gitar ukulele model Concert lebih besar dari model Soprano. Meskipun lebih besar, gitar ukulele ini dikatakan sebagai ukuran yang paling ideal. Dengan ukuran ideal tersebut model ini memudahkan jari untuk bereksplirasi lebih jauh tanpa meninggalkan suara asli dari ukulele.

  1. Gitar Ukulele Model Tenor

Ukuran 43 cm, Tuning tala g c’e’a’ atau d’ g b e’

Dilihat dari ukurannya model tenor adalah model yang lebih besar dari Concert. Ukuran body dan neck dari gitar ukulele ini tidak jauh berbeda. Model ini juga menjadi pilihan pemain ukulele profesional. Hal itu ditengarai karena jarak antara fret dengan fretboardnya yang lebar atau lebih jauh. Gitar ukulele ini menghasilkan suara yang lebih tebal sehingga cocok untuk dimainkan solo (sendiri).

  1. Gitar Ukulele Model Baritone

Ukuran 48 cm, Tuning Tala d g b e’

Ini adalah salah satu model gitar ukulele yang bisa dikatakan paling besar. Model ini paling cocok untuk pemain gitar yang ingin pindah atau menjajal ukulele secara instant. Pada umumnya ukuran ini memiliki tuning yang sama dengan 4 senar bawah pada gitar D-g-b-e sehingga chord yang dimainkan sama dengan gitar.

Jadi, model gitar apa yang ingin kamu miliki. Model yang direkomendasikan bagi pemula (newbie) adalah model pertama, yaitu Concert, sedangkan jika kamu adalah pemain pemula yang sebelumnya memainkan gitar, model Baritone bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cara Memilih Senar Ukulele

Setelah mengetahui jenis gitar ukulele yang cocok untukmu, yuk kita ketahui cara memilih senar untuk ukulele yang bagus agar tidak mudah patah atau putus. Pada dasarnya senar untuk ukulele tidak berbeda dengan senar gitar pada umumnya. Untuk alat musik petik ini disarankan memilih senar jenis nylon. Nah, seperti apa senar nylon yang bagus, ini dia ulasannya.

  1. Tegangan Senar

Tegangan senar memiliki banyak variasi, seperti low tension, normal tension, dan high tension. Setiap jenis tegangan tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Pertama, low tension merupakan tegangan senar dengan volume rendah. Tegangan ini baik untuk teknik legato pada gitar. Frekuensi tinggi akan menyebabkan senar bergetar atau buzzing. Kedua, normal tension merupakan tegangan senar yang seimbang antara low dan high tension. Ketiga, high tension merupakan tegangan senar dengan volume suara besar. Tegangan ini baik untuk bermain rhytm. Jadi, untuk memilih tegangan senar sesuaikan dengan karakteristik gitar ukulele yang kamu miliki.

  1. Bahan Senar

Bahan senar dikatakan sebagai komponen yang berpengaruh terhadap pewarnaan suara gitar. Pewarnaan suara gitar terdiri atas bright, mellow, atau penggabungan di antara keduanya (balance). Setiap senar nylon memiliki jenis warnanya. Jadi, pilihlah sesuai yag kamu butuhkan. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mengecek coating atau lapisan yang dipakai oleh senar gitar tersebut untuk membuat senar lebih awet dan lebih berkualitas.

  1. Ukuran Senar

Ukuran senar sangat memengaruhi permainan gitar kita, hampir mirip dengan bahan senar, kita juga harus menyesuaikan karakteristik permainan kita dengan ukuran senar yang akan kita beli. Berikut macam-macam ukuran senar dan karakteristiknya:

  • Light (senar kecil): Mudah dimainkan dan tidak sakit di tangan, tetapi memiliki volume suara yang kecil dan sustain yang lemah. Cocok untuk orang yang berjari kecil.
  • Medium (senar sedang): Tidak terlalu sakit di tangan, volume sedang dan panjang sustain yang juga sedang. Cocok untuk orang yang berjari sedang.
  • Heavy (senar besar): Bisa sakit di tangan (apalagi jika bermain bending), volume suara besar dan sustain Cocok untuk orang yang berjari besar.

Jadi, ukuran senar bisa kita pilih berdasarkan besar jari kita atau kita juga bisa mencobanya satu persatu dan memilih mana yang paling nyaman untuk kita gunakan.

  1. Merek Senar

Merek senar terlihat sepele bagi para pembeli, tetapi hal yang satu ini tidak boleh ditinggalkan karena dengan merek yang bagus/terkenal, pasti proses pembuatannya berkualitas. Walaupun merek tenar biasanya mahal, tetapi tetap worth it karena harga tidak bisa dibohongi atau dengan kata lain ada harga ada kualitas. Beberapa contoh merek senar gitar nylon yang bisa menjadi pertimbangkan, yaitu D’Addario, Ernie Ball, Savarez, dan Martin. Biasanya, setiap merek pasti mempunyai keunggulan atau karakteristik masing- masing. Jadi, disarankan untuk mencoba semua merek yang disebutkan tadi dan pilihlah salah satu yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

Itulah jenis dan cara memilih senar untuk gitar ukulele yang bisa menjadi rekomendasimu. Nah, berlatihlah dengan giat agar hasil cepat didapat. Selamat berlatih!

Sumber gambar:

http://learnguitarforfree.com/sites/default/files/free/602/ukulele-half-threequarters-fullsize1web.jpg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *