Tips Sukses Menurut Ajaran Islam yang Bisa Diterapkan

Setiap orang menginginkan untuk sukses baik untuk urusan pekerjaan atau untuk pribadi. Agar bisa meraih kesuksesan tersebut maka terdapat banyak hal yang harus dilakukan dan tidak sedikit orang yang membagi tips kesuksesannya dengan orang lain sehingga orang tersebut juga bisa menjadi sukses seperti dirinya. Di dalam ajaran Islam sendiri, terdapat tips sukses yang bisa Anda terapkan di kehidupan Anda sehari-hari.

Pertama adalah niat. Dengan adanya niat maka Anda akan lebih bisa maksimal untuk mendapatkan sesuatu karena berpengaruh pada kegigihan Anda untuk mendapatkan tujuan Anda. Bahkan Rasulullah SAW pernah bersabda yang intinya setiap perbuatan tergantung akan niatnya dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas yang berdasarkan pada apa yang di niatkan. Dengan kata lain, niat yang positif yang Anda tanamkan di dalam diri Anda adalah awal dari jalan panjang Anda untuk mendapatkan kesuksesan.

Kedua adalah mendoakan saudaranya dengan ikhlas. Dari doa positif yang Anda panjatkan tersebut untuk saudara Anda, baik saudara sedarah, keluarga, teman atau sesama muslim, sehingga doa yang dipanjatkan tersebut juga bisa terjadi pada Anda. Ketiga adalah memiliki ilmu. Tips sukses ini wajib dimiliki oleh setiap orang untuk mendapatkan kesuksesan. Ilmu yang dimaksud tidak hanya ilmu seperti pengetahuan dasar dari pelajaran yang diperoleh di sekolah namun juga ilmu lainnya misalnya ilmu berbisnis. Dengan memiliki ilmu tersebut Anda bisa terhindar dari penipuan yang dilakukan oleh orang lain yang mencoba untuk menghasut dan membodohi Anda namun juga bisa membantu Anda meraih kesuksesan misalnya dengan menciptakan hal baru yang berbeda dari orang lain.

Tips sukses lainnya menurut ajaran Islam yang bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari yaitu

  • Berubahlah. Sebelum Anda mencapai kesuksesan, maka Anda harus berubah dan hal tersebut dimulai dari diri sendiri misalnya berubah menjadi lebih gigih dan giat serta bekerja keras.
  • Silaturahmi tidak hanya bertemu secara virtual, seperti melalui media sosial, namun juga bertemu secara langsung atau tatap muka. Dengan banyaknya tali silaturahmi yang Anda lakukan, maka Anda bisa mendapatkan banyak teman dan saudara baru dan dampaknya, Anda bisa lebih banyak memiliki koneksi yang nantinya bisa membantu Anda.
  • Berdoa. Sekeras apapun Anda bekerja, Anda tetap harus berdoa kepada Tuhan YME sehingga kerja keras Anda bisa mendapatkan hasil.
  • Tawakal atau berserah diri. Saat proses meraih kesuksesan, Anda pasti menemui saat dimana Anda jatuh atau hasil yang Anda peroleh tidak sesuai dengan yang Anda inginkan sehingga Anda harus ikhlas dan berserah diri kepada Tuhan YME.
  • Sedekah atau menyisihkan sebagian nikmat yang diperoleh seperti harta untuk orang yang lebih membutuhkan.
  • Bersyukur akan apa yang diperoleh.
  • Bertaqwa baik saat susah ataupun saat senang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *