Tips Menyiapkan Bubur Bayi dan Kudapan Saat Perjalanan Jauh

 

( Foto : Child Sleep Science )

 

Masa-masa pemberian  makanan pendamping air susu ibu (MPASI) merupakan masa-masa yang mengasyikan. Para ibu biasanya sangat senang meracik beberapa bahan makanan sederhana untuk menjadi asupan awal putra-putrinya. Memberikan makanan yang bergizi tentunya menjadi cita-cita para orangtua, dengan harapan kelak anaknya menjadi anak yang sehat dan pintar. Tantangan tambahannya adalah bagaimana para orangtua tetap bisa memberikan asupan terbaik pada bayi, walaupun sedang dalam keadaan dalam perjalanan jauh. Hal ini yang disadari oleh beberapa produsen dalam memproduksi beberapa makanan bayi yang praktis, seperti biskuit bayi Milna, makanan anak kemasan gerber, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh dan ingin membawa bayi maka sebaiknya Anda tetap memperhatikan beberapa tips menyiapkan bubur bayi dan kudapan selingannya. Untuk tipsnya saya bagi menjadi dua, yakni:

 

  • Bayi Usia 5—8 Bulan

Di usia 5 bulan bayi benar-benar baru memulai MPASI. Biasanya makanan awal yang diperkenalkan bertekstur sangat lembut. Walaupun begitu jangan khawatir bukan berarti Anda harus membawa blender ke manapun, Anda cukup membawa saringan untuk menghaluskan bahan makanan.

Bahan makanan yang dimaksud bisa berupa sayuran seperti labu pumpkin, atau buah-buahan seperti alpukat. Kedua jenis bahan makanan tersebut harus dibawa dalam keadaan telah dikukus terlebih dahulu.

Sebenarnya Anda punya pilihan membawa MPASI dalam keadaan sudah halus, namun saya menyarankan agar dihaluskan secara mendadak atau mendekati waktu makan saja, dengan begitu makanan akan terasa lebih segar. Setelah tersaring dengan halus tambahkan sedikit ASI atau susu formula untuk mencairkannya.

Pastikan Anda membawa satu kotak makanan berukuran kecil beserta dengan sendoknya. Dengan menggunakan kotak makan akan lebih praktis dan aman untuk proses pemberian MPASI pada bayi usia 5—8 bulan. Mengingat tekstur makanannya masih agak cair sehingga rentan goyang dan tumpah.

 

Sebagai kudapan selingannya, Anda bisa memanfaatkan produk-produk makanan bayi yang ada seperti biskuit bayi Milna 5 bulan, banana biscoti dari Heinz, atau produk biskuit beras merek Yummy.

 

  • Bayi Usia 9—12 Bulan

Memasuki usia 9 bulan, bayi sudah mulai dikenalkan dengan makanan bertekstur. Biasanya MPASI yang diberikan sejenis bubur. Di awal usia 9 bulan bubur bayi yang diberikan masih bertekstur halus, terus meningkat hingga di usia menjelang 12 bulan di mana bubur mulai bertekstur kasar. Sebenarnya dalam pemberiannya terbilang sangat mudah, karena kita tidak lagi perlu membawa serta saringan makanan ketika bepergian, hanya saja proses pembuatannya cukup memakan waktu. Sehingga dibutuhkan persiapan yang panjang sebelum keberangkatan.

Setelah bubur selesai dimasak, masukkan ke dalam  beberapa kotak makan kecil seukuran sekali makan. Hal ini akan mempermudah pemberian makan di perjalanan, agar tidak perlu sibuk menuangkan bubur dari wadah yang besar ke wadah makannya. Untuk kudapan, selain biskuit, Anda bisa juga membawa buah-buahan yang mudah dibawa dan tidak perlu proses pengupasan yang sulit, seperti buah pisang misalnya.

( Foto : The Green Head )

 

Jangan lupa perlengkapan yang paling wajib dibawa pada saat perjalanan jauh dengan seorang bayi :

  • Tissue basah & tissue kering,
  • Termos berisi air panas,
  • Air mineral,
  • Kotak makan berukuran kecil minimal 2,
  • Sendok makan.

 

Itulah 2 tips untuk para orangtua yang ingin membawa bayinya melakukan perjalanan jauh. Bagaimanapun keadaannya, memberikan gizi terbaik untuk anak adalah wajib hukumnya, karena 1000 hari pertama kehidupan yang berkualitas akan memberikan masa depan yang cerah untuknya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *