Tips Mengurangi Junk Food untuk Hidup yang Sehat

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia agar dapat melangsungkan hidup dengan baik. Setiap orang memerlukan asupan nutrisi yang baik agar tubuh dapat berkembang dan bertahan. kebutuhan makanan yang baik sering kali diabaikan. Terkadang kita tidak tahu makanan yang kita konsumsi itu baik atau tidak untuk tubuh kita. seperti junk food, makanan ini sangat rendah nutrisi akan tetapi kandungan kalori dan gulanya sangat tinggi sehingga bahaya untuk terlalu sering dikonsumsi.

Sebagian dari kita masih banyak belum mengenali jenis makanan ini. Padahal makanan ini sering sekali kita temui dan bahkan kita konsumsi setiap harinya. Siapa sangka jika makanan ini tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

  • Gorengan
  • Mie instan
  • Makanan manis beku
  • Makanan dari olahan daging
  • Jeroan ayam atau sapi
  • Makanan kaleng
  • Asinan
  • Makanan yang dipanggang atau dibakar
  • Keju yang diolah
  • Minuman bersoda
  • Manisan kering

Kebiasaan kita mengkonsumsi makanan tersebut sangat sulit terelakkan, meskipun kita mengetahui bahayanya terkadang kita masih tetap mengkonsumsinya dengan berbagai alasan. Mengkonsumsi makanan ini memang diperbolehkan. Akan tetapi kita harus mengetahui batasannya agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan ini. Jika hanya dengan sesekali mencicipi makanan ini tidak akan menimbulkan efek kesehatan, karena efek yang dirasakan dari mengkonsumsi makanan ini akan terasa dalam jangka waktu yang lama.

Ini dia tips agar kita dapat mengurangi mengkonsumsi junk food, agar hidup dengan sehat

  1. Terbiasa makan secara teratur dengan gizi yang seimbang dan porsi sesuai dengan kebutuhan kita.
  2. Menyiapkan camilan sehat dirumah seperti buah-buahan segar, salad atau kacang-kacangan.
  3. Menghilangkan kebiasaan buruk saat makan sambil menonton TV agar kita bisa fokus dengan makanan.
  4. Tahan diri saat kita berkeinginan untuk makan di resto cepat saji. Biasakan makan-makanan sehat yang dibuat dirumah sendiri.
  5. Tidur dengan cukup 7-8 jam dalam sehari agar nafsu makan tetap stabil.
  6. Olahraga secara teratur agar tubuh tetap dalam keadaan yang prima. Minimal dengan jalan santai selama 30 menit sehari.
  7. Terapkan mind set dalam pikiran kita bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji dapat membahayakan tubuh.
  8. Belajar memasak sendiri. Dengan memasak sendiri kita bisa meracik bahan-bahan makanan yang sehat.

Mulai dari sekarang tinggalkan makanan yang tidak baik dari konsumsi kita. beralihlah kepada makanan yang lebih sehat. Karena banyak sekali bahaya mengkonsumsi junk food mulai saat ini berhati-hatilah dalam memilih makanan yang kita konsumsi, kurangi makanan yang bernutrisi rendah, berkalori tinggi, memiliki kandungan gula yang tinggi. Tubuh yang sehat akan membawa kita pada kehidupan yang lebih baik. Oleh karena itu makan makanan yang segar dan sehat serta memiliki nutrisi yang baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *