Tips Mengurangi Gaya Hidup Hedonisme dengan Mudah dan Tepat

Hedonisme merupakan gaya hidup konsumtif yang berlebih atau kesannya menghamburkan kekayaan. Biasanya orang yang hedon lebih hidup secara glamour dan memakai barang-barang yang super terkenal dengan harga mahal. Ada dua jenis hedonisme yaitu, hedon egois yaitu hedon untuk mendapatkan kesenangan maksimal dalam waktu yang lama dan hedon universal yaitu kesenangan maksimal bagi semua hal dan bagi banyak orang. Hedon merupakan sifat manusia yang paling susah dihilangkan karena memiliki tingkat konsumtif dan keinginan yang tidak dapat ditahan. Mencari kesenangan tanpa memikirkan hal lain adalah sikap hedon manusia saat ini atau melakukan suatu hal yang tidak baik tetapi orang yang melakukannya senang maka itu juga termasuk hedon.

Tips Mengurangi Gaya Hidup Hedonisme dengan Mudah dan Tepat

Berikut adalah contoh-contoh perilaku hedonis diantaranya:

  • Perilaku merusak dan mencoret tembok untuk kesenangan semata atau keisengan.
  • Jalan-jalan ke mall dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan harganya mahal.
  • Bermain game berjam-jam dan tidak memperdulikan sekitar.
  • Mendengar lagu-lagu pop hingga terbawa alunan lagunya untuk membuat kesenangan tersendiri bagi pendengarnya.

Beberapa perilaku diatas merupakan hedonisme. Saat ini banyak sekali perilaku hedona baik dari remaja hingga orang dewasa, oleh sebab itu untuk orangtua untuk mengontrol anak-anak dengan baik supaya tidak terjebak dalam kesenangan semata yang disukai karena dapat membuat seorang anak menjadi hedonis akan sesuatu. Oleh sebab itu orangtua juga harus memberi contoh yang baik dengan cara membeli sesuatu sesuai kebutuhan bukan karena keinginan, melakukan suatu hal tidak secara berlebih. Misalnya saja menonton tv, mulailah menonton karena kebutuhan dan bukan dalam waktu yang lama hingga lupa waktu, belanja sesuai dengan daftar belanja bulanan yang dibutuhkan dan membuat agenda hari supaya dapat mengontrol setiap kegiatan. Hedonis ini sangat tidak baik bagi kesehatan jiwa karena seseorang dapat menuntut segala sesuatu untuk mendapat kesenangan dalam dirinya.

Baca Juga:Gaya Hidup Hedonisme yang Harus Diwaspadai

Berikut adalah cara mengurangi sifat hedonis dalam diri diantaranya:

  • Dekat dengan sang Pencipta karena dapat mengingatkan bawah harta dan semua kesenangan tidak akan di bawa mati.
  • Mulai hidup sederhana dengan menyadari bahwa masih banyak orang diluar sana yang belum seberuntung saat ini.
  • Berusaha untuk kerja keras karena untuk mendapat sesuatu seseorang perlu bekerja keras untuk mendapatkan hasil dan kesenangan itu adalah ucapan syukur.
  • Mengurangi sikap konsumtif dengan memikirkan hal-hal yang diinginkan tetapi sedang tidak dibutuhkan

Beberapa cara tersebut dapat menekan sikap hedonisme dalam diri seseorang. Tetap bersyukur dengan segala keadaan akan membuat kesenangan yang lebih dibandingkan melakukan hedonis untuk sesuatu hal yang sementara dan kesenangan semata. Usahakan juga melawan rasa ingin memiliki sesuatu supaya tidak apa-apa harus dimiliki. Lebih baik melihat saja tanpa harus membelinya karena jika membelinya tetapi sedang tidak dibutuhkan hanya akan menambah hal tidak penting dalam hidup. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *