Tips Mengelola Keuangan dengan Cara Belanja Cerdas

Belanja barang sehari-hari di supermarket memang lebih nyaman. Tapi tahukah Anda jika belanja di supermarket juga menghemat pengeluaran? Yang Anda perlukan adalah ketelitian dan disiplin diri dalam berbelanja agar tidak boros. Ada baiknya juga kalau belanja sesuai dengan budget yang ada. Hindari besar pasak daripada tiang. Dan jangan terlalu memaksakan diri untuk membeli produk bermerek dengan harga selangit. Anda juga bisa mendapatkan produk dengan kualitas bagus dengan harga yang lebih terjangkau. Berikut adalah cara belanja cerdas untuk mengelola pengeluaran dan keuangan Anda.

Tips Mengelola Keuangan dengan Cara Belanja Cerdas

Memiliki Kartu Member dan Unduh Aplikasi

Cara belanja yang satu ini adalah jika Anda memiliki hobi belanja. Cara untuk memuaskannya adalah dengan mendapatkan harga miring setiap kali berbelanja. Lalu bagaimana cara mendapatkan harga miring? Anda bisa mendaftar sebagai member di suatu supermarket untuk mendapatkan beberapa poin atau potongan harga. Beberapa supermarket juga ada yang memberikan harga khusus apabila kita mengunduh aplikasi onlinenya.

Bawa Uang Secukupnya

Pemborosan biasanya datang dari kebiasaan membawa uang berlebih. Saat berbelanja, bisa saja kita merasa masih memiliki banyak uang, sehingga dengan mudah membeli barang-barang yang out of list. Maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membawa uang lebih jika tidak ingin membelanjakannya. Dengan uang yang pas-pasan, meskipun tergiur, Anda tidak akan bisa membeli barang tersebut karena persediaan uang yang tidak cukup.

Buatlah Jadwal Belanja

Hampir sebagian besar orang pasti menyukai yang namanya belanja. Bukan hal yang membosankan untuk berlama-lama di supermarket maupun toko online hanya untuk sekedar memilih-milih. Selain memanjakan mata, ketika melihat-lihat banyak produk, ada saatnya kita akan menemukan suatu harga yang lebih murah dari yang lain dan akhirnya tergiur untuk membeli. Untuk menghindari hal ini. Tips belanja cerdas yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat jadwal berkunjung ke supermarket. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Dalam seminggu atau bahkan sebulan sekali.

Rajin Membandingkan Harga

Saat memutuskan untuk membeli suatu barang, cobalah untuk mencari pusat perbelanjaan yang menawarkan harga lebih murah dari yang lainnya. Anda bisa melihat-lihat di beberapa sumber baik di toko fisik maupun secara online yang lebih mudah. Kendati barang tersebut merupakan barang yang sama, namun harganya bisa bervariasi.

Menyesuaikan dengan Pendapatan

Berbelanja adalah kegiatan mengeluarkan uang untuk suatu barang atau jasa. Dengan begitu, sudah jelas bahwa Anda harus memiliki sumber penghasilan untuk dapat berbelanja. Jika keinginan belanja Anda besar, sebaiknya juga diikuti dengan pendapatan yang besar. Namun, jika keinginan berbelanja besar dan pendapatan kecil, ini justru akan menjadi malapetaka. Sebaiknya jangan memaksakan diri memenuhi hobi belanja jika dirasa Anda masih memiliki kebutuhan primer lainnya. Utamakan mana yang primer terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *