Tips Mengatasi Ketergantungan Pada Media Sosial

Media sosial merupakan aplikasi yang memungkinkan orang untuk mengupload foto, memberikan update status, memberikan video yang menarik, menunjukkan lokasi sedang berada, dan juga berbagai fungsi lainnya. Dimana sekarang ini terdapat banyak medsos yang digunakan oleh masyarakat bukan hanya dari orang dewasa tetapi juga banyak anak-anak yang menggunakan medsos karena sangat mudah untuk membuatnya walaupun mempunyai peraturan sendiri seperti batasan umur. Medsos tersebut memang mempunyai banyak keuntungan dan manfaat yang dapat diberikan untuk masyarakat tetapi banyak juga kerugian yang dapat ditimbulkannya.

Kekurangan dari medsos tersebut adalah dapat untuk menjauhkan yang dekat sehingga apabila Anda sedang berkumpul bersama teman-teman tidak jarang justru sibuk di depan gadget masing-masing. Hal tersebut merupakan kekurangan yang sangat dirasakan oleh masyarakat sekarang ini sehingga tidak ada lagi kehangatan yang biasanya dirasakan oleh orang ketika berkumpul bersama karena sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Medsos juga membuat orang ketergantungan bahkan juga ada penyakit yang dapat timbul dari ketergantungan tersebut. Penyakit tersebut adalah nomophobia yang merupakan penyakit seseorang yang akan gelisah dan cemas berlebihan apabila tidak dekat dengan handphonenya. Dimana handphone tersebut merupakan media yang dapat digunakan untuk mengakses banyak hal termasuk juga medsos. Dengan penyakit tersebut menandakan bahwa ketergantungan terhadap gadget dan juga internet bukan hal baik sehingga akan lebih baik untuk diatasi. Beberapa cara yang dapat untuk mengatasi ketergantungan pada sosial media, internet, dan juga handphone tersebut adalah:

  • Instal aplikasi media sosial yang diperlukan

Dalam setiap handphone biasanya akan menginstal berbagai medsos yang ada. Bahkan tidak jarang banyak orang yang mempunyai aplikasi medsos yang tidak diperlukannya hanya agar tidak dibilang ketinggalan jaman. Dengan mengunduh banyak aplikasi medsos tersebut Anda juga dapat untuk memperparah kecanduan pada medsos karena setiap saat akan membukanya. Sehingga akan lebih baik untuk sebaiknya mulai menghapus medsos yang tidak diperlukan dan tidak terlalu penting.

  • Pindahkan beberapa medsos di laptop

Cara selanjutnya untuk dapat mengatasi ketergantungan pada medsos adalah dengan memindahkannya beberapa di laptop. Sehingga aplikasi medsos yang ada di handphone merupakan aplikasi yang penting saja. Seperti aplikasi untuk dapat berhubungan dan dapat dihubungi oleh orang banyak. Sedangkan untuk banyak aplikasi medsos yang tidak mempunyai peran penting dapat untuk dibuka lewat laptop.

  • Batasi pemakaian handphone

Cara terakhir untuk dapat mengatasi penyakit ketergantungan terhadap media sosial adalah dengan membatasi pemakaian handphone. Sibukkan diri Anda dengan hal yang penting dan juga hobi di dunia nyata seperti membaca buku, memasak, dan berbagai hal lainnya. Usahakan untuk membatasi pemakaian handphone setiap harinya sehingga tidak di depan layar handphone setiap saat dan hanya menggunakannya ketika ada yang menghubungi dan hal penting lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *