Tips Melakukan Kegiatan Yoga Beserta Rekomendasi Gerakan Yoga untuk Pemula  

Tubuh ideal tidak didapatkan dengan mudah, tubuh ideal tidak selalu didapatkan dengan minus jus atau susu untuk mendapatkan badan langsing. Tetapi juga butuh kegiatan yang dapat melatih otot tulang dan kegiatan yang dapat membakar kalori, sehingga tubuh ideal yang didapat lebih bagus dan lebih sehat. Yoga adalah salah satu pilihan semua kalangan wanita pada umumnya untuk mendapatkan tubuh ideal, ini merupakan salah satu olahraga yang dapat dilakukan dalam ruangan. Kegiatan ini sangat memiliki banyak manfaat dalam tubuh, kegiatan ini merupakan perpaduan mengontrol, menyatukan dan bergabung.

 Tips Melakukan Kegiatan Yoga Beserta Rekomendasi Gerakan Yoga untuk Pemula  

Sebagai pemula, belajar hal seperti ini bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan konsentrasi dan kelenturan badan serta otot-otot tangan dan kaki untuk menopang badan. Berikut adalah tips yang perlu diperhatikan oleh para pemula diantaranya:

Baca Juga : Mengintip Manfaat Olahraga Yoga untuk Kecantikan dan Kesehatan

  • Ketahui manfaat bagi tubuh, kegiatan ini meningkatkan stamina, mengurangi stress dan kecemasan.
  • Pilih cabang, cabang kegiatan ini seperti Hatha, Karma, Juana, Bhaki, dan Raja. Selain itu, pilih gaya sesuai dengan kondisi tubuh.
  • Saat latihan kegiatan ini hindari perut yang kenyang.
  • Pemula tetap harus berada di bawah pengawasan sang instruktur.
  • Saat berlatih pastikan tempat yang dipilih memiliki saluran udara yang cukup, memilih pencahayaan yang terang dan tenang.
  • Saat latihan, pastikan sudah menggunakan kostum khusus, matras, dan beberapa video latihan sebagai patokan selama melakukan kegiatan ini.
  • Saat berlatih pastikan bernapas melalui hidup supaya bernapas lebih dalam dan tidak mudah lelah. Ketika pernapasan sudah mulai tidak teratur dan memiliki rasa lelah, pastikan untuk berhenti sejenak.

 

Beberapa tips diatas sangat penting untuk pemula yoga, hal ini dikarenakan semua aspek dalam diri harus saling bersatu dan bergabung menghasilkan irama tubuh yang seimbang. Saat memulai latihan ini pastikan belajar dari gerakan termudah, kemudian menengah hingga gerakan yang paling sulit. Mulailah kegiatan berlatih ini pada pagi hari supaya ketika menjalani satu harian penuh tubuh tetap terasa bugar.

 

Berikut adalah gerakan sederhana bagi pemula diantaranya:

 

  • Tadasana, berguna mengencangkan otot bagian perut, memperlancar sistem peredaran darah dan menyeimbangkan kinerja otot dalam tubuh secara alami.
  • Pavanamuktasana, berguna mengecilkan perut.
  • Bhujangasana, berguna membuat tulang pinggang dan tulang belakang lebih lentur, mencegah sakit punggung dan menyembuhkan sakit punggung.
  • Dhanurasana, berguna membakar lemak dan memperbaiki postur tubuh.

 

Selain diatas, ada juga gerakan Pada hastasana yang berguna membantu perut langsing dan membuat pintar karena membantu lancarnya pasokan oksigen ke otak sehingga sel-sel otak bekerja secara aktif. Beberapa gerakan yoga bagi pemula diatas tentunya butuh waktu untuk melakukannya karena melakukan kegiatan ini tidak hanya melatih tubuh. Tetapi juga melatih pikiran dan seluruh sel dan otot dalam tubuh untuk mencapai keselarasan. Mulailah berlatih dan dapatkan berbagai manfaat dari setiap gerakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *