Tips Komputer Agar Laptop Tidak Cepat Panas Saat Digunakan

Bekerja menggunakan komputer atau laptop seringkali menyebabkan komputer atau laptop Anda harus terus on hingga berjam-jam tanpa henti. Hal ini bisa menyebabkan komputer dan laptop menjadi panas akibat banyaknya proses yang harus dikerjakan oleh PC dan perangkat keras komputer di dalamnya. Jika dibiarkan, lama-lama laptop bisa terkena overheating dan rusak akibat tingginya suhu di dalam laptop itu sendiri. Pastinya hal ini tidak ingin terjadi pada laptop yang Anda gunakan untuk bekerja sehari-hari bukan? Untuk menghindarinya, berikut ini adalah tips komputer yang dapat Anda lakukan untuk mencegah komputer dari overheating atau kepanasan:

  • Gunakan van atau kipas pendingin tambahan.

Selalu gunakan kipas pendingin tambahan jika Anda bekerja menggunakan laptop dalam durasi yang lama. Hati-hati dalam memilih kipas karena banyak kipas murah yang hanya menghasilkan putaran baling-baling namun tak menghasilkan angin yang dibutuhkan laptop. Jika perlu gunakan 2 hingga 4 buah kipas yang berputar secara bersamaan apalagi jika Anda menggunakan laptop untuk keperluan membuka aplikasi berat seperti grafik, editing video dan sebagainya.

  • Matikan laptop saat tidak digunakan.

Jika durasi kerja Anda adalah jam 8 pagi hingga 4 sore, maka pada jam istirahat seperti jam 12 hingga jam 1 dan digunakan untuk Anda pergi mencari makanan, maka sebaiknya mematikan laptop Anda daripada hanya menonaktifkan nya dalam keadaan tertidur. Dengan begitu laptop akan melakukan pendinginan yang diperlukan. Jangan lupa untuk menyimpan data dan pekerjaan yang belum selesai sebelum mematikannya. Tips komputer ini sangat sederhana namun cukup efisien jika dilakukan.

Baca Juga: Tips Komputer Agar Suhunya Tetap Dingin Meskipun Digunakan dalam Waktu Lama

  • Jangan membuka banyak aplikasi sekaligus.

Jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi, Anda bisa membuka kemudian menutupnya jika sudah selesai digunakan. Jangan sampai dalam satu waktu Anda membuka banyak aplikasi padahal aplikasi tersebut tidak sedang digunakan. Selain membuat laptop cepat panas, hal tersebut juga bisa menyebabkan komputer lemot karena memory RAM terpakai secara besar. Jika memang aplikasi yang Anda butuhkan untuk bekerja sudah banyak memakan RAM, maka berhentilah membuka aplikasi tambahan seperti chat, sosial media, atau pemutar musik dari laptop Anda.

Itulah beberapa tips komputer yang bisa digunakan untuk mencegah laptop Anda dari cepat panas akibat overheating. Selain dari sebab oleh user, ada sebab lainnya juga yaitu akibat virus yang berada di dalam laptop. Karenanya memasang antivirus juga diperlukan agar laptop yang sering digunakan untuk berselancar di dunia maya tidak mudah terkena virus tertentu yang sering mengakibatkan terpakai nya memory RAM secara besar sehingga mengakibatkan laptop cepat panas. Jangan lupa untuk mengupdate antivirus Anda sesekali waktu agar mendapatkan perlindungan yang maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *