Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah untuk Dilakukan

Siapa yang pernah mendengar pepatah populer ‘mensana in corporesano’ ? Tentu tahu kan arti dari ungkapan itu, bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Siapapun pasti ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan lebih bersemangat. Namun terkadang keinginan untuk sehat tidak sejalan dengan perilaku gaya hidup sehat yang diterapkan. Banyak yang enggan menjalankannya dengan alasan karena beranggapan bahwa gaya hidup ini sangat susah untuk dijalankan.

Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah untuk Dilakukan

Padahal kalau kita mau mencari banyak informasi, sebenarnya anggapan itu tidaklah benar. Ada banyak cara sehat yang bisa diterapkan dengan mudah di kehidupan sehari-hari. Kunci utamanya hanya satu, yaitu ada niat serta kemauan yang keras untuk berkomitmen jangka panjang dalam menjalankannya. Lalu cara sederhana apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya? Berikut ini beberapa tips-tipsnya, yaitu:

  • Tidur dengan cukup minimal 6 jam per hari, serta menghindari tidur terlalu malam.

Untuk memenuhi gaya hidup sehat, tidur termasuk salah satunya. Tidur yang cukup sangat banyak pengaruhnya untuk kesehatan. Dengan tidur yang cukup akan menghindarkan kita dari resiko penyakit yang mematikan seperti kanker dan jantung. Usahakan untuk tidak tidur terlalu larut agar tubuh mendapatkan waktu beristirahat yang cukup. Tidur yang cukup sehari minimal 6 jam per hari. Perlu diketahui, tidur terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan, karena dari berbagai studi yang relevan menunjukkan bahwa terlalu banyak tidur bisa menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.

Baca Juga:Ini Dia Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Sehat dalam Kehidupan Sehari-hari Anda

  • Berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, kita bisa mendapatkannya dengan mudah melalui berjemur di pagi hari. Sinar matahari di pagi hari baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Selain itu kita bisa mendapatkan nutrisi vitamin D dari makanan seperti ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel, telur, jamur, ikan tuna hingga yogurt. Vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang, mengurangi resiko akan penyakit autoimun, stroke, kanker, jantung, serta diabetes.

  • Memakan makanan yang mengandung fermentasi yang baik untuk kesehatan usus dan pencernaan. Di dalam usus terdapat dua jenis bakteri, ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Untuk bisa menjaga kesehatan usus, konsumsi makanan dari hasil fermentasi seperti yogurt, teh kombucha, hingga keju. Mengkonsumsi makanan olahan fermentasi secara rutin sksn memicu pertumbuhan bakteri yang baik dalam usus.
  • Gosok gigi dengan teratur dan perbanyak minum air putih.

Tips gaya hidup sehat yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah. Cukup dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan rutin menggosok gigi. Karena dari mulut, banyak bakteri yang mudah berkembang biak. Jika bakteri dalam mulut dibiarkan akan berdampak pada kesehatan tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *