Tips dan Trik Melakukan Olahraga dan Fitness yang Aman Bagi Para Orang Tua

Sehat merupakan harga mahal untuk setiap orang, makanya tidak heran jika banyak orang yang melakukan segala aktifitas olahraga untuk menjaga kesehatan. Melakukan olahraga atau fitness sendiri bisa untuk siapapun, apalagi para orang tau yang lebih rentan akan ancaman penyakit. Kebiasaan dengan segala kegiatan olahraga akan memberikan banyak manfaat untuk setiap orang. Selain tubuh yang terlihat lebih segar setiap harinya juga akan lebih tahan akan gangguan berbagai jenis virus penyakit. Gangguan yang sering dialami oleh orang tua seperti serangan jantung, stroke, osteoporosis, kolesterol dan lain sebagainya bisa diminimalisir.

Tetapi jika Anda sudah memasuki umur lebih tidak bisa sembarang jenis olahraga dilakukan, jika perlu Anda konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu jenis olahraga apa yang dianjurkan. Tetapi berikut ini ada beberapa tips aman melakukan olahraga bagi orang tua, antara lain:

  • Aerobic.

Setiap jenis olahraga yang Anda lakukan pastinya akan meningkatkan denyut jantung dan memperkuat daya tahan aerobic. Latihan secara rutin bagi orang tua bisa dimulai dengan melakukan jenis olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang ataupun lainnya yang tidak memerlukan banyak kekuatan fisik. Sisihkan beberapa hari dalam seminggu untuk melatih ketahanan tersebut supaya tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

  • Kekuatan.

Melakukan aktivitas yang cukup ringan untuk melatih kekuatan otot juga sangat diperlukan untuk Anda yang mulai memasuki umur tua. Untuk mendapatkan hasil tersebut Anda tidak perlu juga mengikuti kelas fitness yang rutin dilakukan. Tetapi dengan aktivitas setiap hari seperti membawa belanjaan, naik turun tangga, bangkit berdiri di kursi juga sudah bisa membantu memperkuat otot.

  • Keseimbangan.

Memasuki umur yang sudah tua keseimbangan tubuh pastinya juga akan semakin menurun, tidak heran jika laporan kesehatan rumah sakit mengatakan ada lebih dari 2 juta orang tua sakit karena jatuh. Nah, dari hal itu semakin membuktikan bahwa latihan keseimbangan tubuh sangatlah diperlukan. Anda bisa memulai untuk berdiri dengan satu kaki dalam beberapa detik, atau pun cara lainnya yang mudah dilakukan dalam keseharian.

  • Kelenturan.

Seringnya merasa tegang pada otot tubuh karena beberapa gerakan yang tidak umum juga sering mengganggu para orang tua lanjut usia. Cara terbaik untuk meminimalisir hal tersebut adalah dengan melakukan gerakan pernafasan dan peregangan dengan berjalan ditempat.

Itulah berbagai tips untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap sehat dan segar walaupun dalam usia tua. Setiap gerakan pastinya berguna untuk tubuh, tetapi jika saat Anda melakukan gerakan tersebut terasa sakit di beberapa bagian bisa dikarenakan gerakan yang terlalu berlebihan. Sebenarnya sebagai orang tua bisa juga Anda mengikuti kelas fitness yang ringan, karena panduan dari trainer yang handal akan membuat Anda lebih mudah menemukan solusi untuk tubuh yang sudah mulai terserang beberapa gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *