Tips dan Manfaat Menggunakan GPS di Smartphone  

Global Positioning System atau biasa disingkat GPS yang berfungsi untuk menunjukkan arah bagi penggunanya. Biasanya petunjuk ini digunakan untuk membantu orang yang baru pertama kali melewati suatu daerah yang belum pernah dikunjungi, adanya petunjuk ini memudahkan pengguna dimanapun berada akan membantu memberi petunjuk. Pengguna juga harus mengerti sistem arah mata angin supaya dapat dengan mudah membaca pergerakan pada sistem petunjuk arah.

 Tips dan Manfaat Menggunakan GPS di Smartphone  

Penggunaan sistem ini tidak hanya oleh tim surveyor dengan alat langsung, tetapi sekarang ini sudah dilengkapi pada smartphone. Setiap smartphone pasti dilengkapi dengan fitur ini, dapat juga mengunduh aplikasinya dari toko aplikasi. Berikut adalah tips menggunakan petunjuk arah diantaranya:

 

  • Smartphone sudah dilengkapi petunjuk arah. Jika belum lakukan penginstalan aplikasi maps terlebih dahulu atau aplikasi lain seperti Navite atau Waze.
  • Buka aplikasi, usahakan mempelajari setiap ikon yang ada pada layar.
  • Saat membuka aplikasi petunjuk arah, lakukan pengaturan terhadap titik lokasi awal atau titik lokasi pengguna. Setelah itu masukkan nama tempat tujuan yang akan dituju.
  • Saat memasukkan nama tempat, biasanya terdapat beberapa nama tempat yang sama. Tidak jadi masalah hanya perlu menyesuaikannya. Kemudian pilih rute biasanya memberikan pilihan ‘Mobil’, ‘Bike’, ‘Bus’, dan ‘Jalan kaki’.
  • Setelah itu ikuti rute yang berwarna merah pada layar, titik awal biasanya berwarna biru dan tujuan memiliki lambang berwarna merah.

Baca Juga : Cara Mudah untuk Menjadikan Aplikasi GPS di Android Anda Akurat

Saat menggunakan GPS pastikan sudah mengetahui arah mata angin, sehingga memudahkan untuk mengikuti petunjuk peta. Ketika menjalankannya perhatikan pergerakan titik pengguna, jika keluar dari rute biasanya otomatis akan membuat rute baru supaya dapat sampai ke tujuan. Jika masih susah pastikan menggunakan maps street yang langsung menunjukkan jalan sesungguhnya, gunakan maps street dengan update terbaru. Jika menggunakan kendaraan mobil, pastikan tidak memilih jalan yang sempit itulah sebabnya pastikan jalan tersebut adalah jalan kolektor. Selain itu juga, untuk pengguna motor dapat menggunakan rute ‘Mobil’ tetapi hindari memilih rute dengan jalan tol.

 

Berikut adalah manfaat menggunakan petunjuk arah diantaranya:

 

  • Dapat digunakan sebagai petunjuk arah.
  • dapat menemukan jalur alternatif yang jauh lebih cepat dan jauh dari kemacetan.
  • Dapat mendeteksi posisi pengguna dengan menekan tombol otomatis penyesuaian lokasi pengguna smartphone.
  • Dapat disimpan offline sehingga aman saat berpergian ke daerah yang belum dijangkau jaringan telekomunikasi.

 

Menggunakan GPS dengan baik dan benar akan mengantarkan pengguna kepada tujuan tanpa tersesat. Saat menggunakan petunjuk arah pastikan melakukan zoom in pada layar supaya setiap persimpangan yang akan dilewati lebih jelas. Biasanya saat di zoom out jalan yang akan dilewati tidak terlalu terlihat dengan jelas sehingga akan bingung ketika harus belok kiri atau belok kanan di sebelah mana. Pastikan layar zoom in supaya dapat melihat gang atau simpang dimana harus belok ataupun memutar balik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *