Tips Belajar Renang Bagi Anda yang Masih Pemula Agar Cepat Bisa

Olahraga adalah kegiatan aktivitas yang dapat membuat tubuh baik secara rohani maupun jasmani menjadi lebih sehat. Banyak olahraga yang dapat dijalani salah satunya yaitu olahraga renang. Meskipun belum semua orang dapat melakukan olahraga yang satu ini akan tetapi banyak sekali yang menggemarinya dan ingin melakukan. Olahraga ini dilakukan dengan menggerakkan anggota tubuh tangan dan kaki untuk membuat keseimbangan di air agar tidak tenggelam. Bagi orang yang belum pernah melakukan olahraga ini tentu akan merasa takut saat akan masuk kedalam kolam.

Tidak perlu khawatir karena dalam kegitan ini ada beberapa sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk menghindari resiko tenggelam ataupun cidera saat berada didalam air. Beberapa sarana dan prasarananya yaitu:

  • Pakaian renang,
  • Papan pelampung,
  • Alat bantu untuk pernapasan,
  • Ban dalam mobil,
  • Kacamata agar air tidak masuk ke mata,
  • Pelampung untuk kaki atau sepatu katak.

Alat-alat tersebut dapat digunakan untuk para pemula memulai belajar. Sebelum mulai masuk kedalam kolam yang dalam untuk mengurangi resiko tenggelam karena syok, terlebih dahulu masuk ke kolam yang dangkal dan melakukan beberapa latihan dasar. Dengan kata lain melakukan pengenalan terhadap air terlebih dahulu. Terlebih jika ada yang trauma dengan air atau pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan di air.

Untuk pemula ada beberapa hal yang harus diikuti sebelum melakukan berbagai gaya. Tahapannya yaitu:

  • Masuk kedalam air

Tahap pertama ini yaitu masuk kedalam air. Membuang rasa takut dan cemas dengan cara memulai dari masuk kedalam kolam yang dangkal. Belajar dengan cara mulai berjalan dibagian samping kolam dan mulai berjongkok atau berlutut serta dengan menggerakkan tangan didalam air.

  • Melakukan pergerakan dibawah permukaan air

Jika masih ragu untuk memulai gerakan kedua ini, lebih baik meminta pertolongan dari teman untuk menemani. Gerakan yang dilakukan yaitu berjongkok didalam kolam dengan menahan nafas selam 5 detik dan mengusahakan mata tetap terbuka.

Perhatikan juga ketika akan membeli baju renang agar ketika berenang merasa nyaman dan enak di gunakan. Simak selengkapnya di anekajerseybola.com

  • Menggerakkan badan dengan naik turun dipermukaan air yang dangkal

Cara ketiga dilakukan setelah cara kedua berhasil. Kedua tangan diletakkan pada dinding kolam, apungkan badan dengan kedua lengan tetap menjulur kedepan. Saat melakukan kegiatan ini usahakan wajah masuk kedalam air.

  • Mengapung diair

Setelah menaikturunkan badan, tahapan selanjutnya adalah gerakan mengapung. Ambil nafas dalam kemudian menjatuhkan tubuh ke air dan biarkan tenggelam. Jika dilakukan dengan rileks maka tubuh akan mengapung

  • Melakukan gerakan meluncur di air

Berdiri dengan merapat pada dinding kolam, kemudian turunkan badan sampai tersisa kepala saja. Lalu angkat satu kaki dan tempelkan pada dinding kolam, setelah itu doronglah kaki kedepan dan biarkan tangan lurus kedepan.

Tahapan diatas jika dilakukan dengan benar dan berurutan maka akan mempermudah dalam melakukan latihan renang untuk para pemula. Jika sudah dapat menyelesaikan tahapan ini dengan benar dan mudah, maka belajar gaya apapun dapat dilakukan dengan mudah. Agar cepat mahir, latihan lah sesering mungkin dalam seminggu minimal satu sampai satu setengah jam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *