Tips Aman Memasang Perlengkapan Motor Bagasi Tambahan

Bagasi motor bawaan terletak di bagian bawah tempat duduk. Namun harus diakui bahwa ruang yang disediakan oleh bagasi motor bawaan itu cukup terbatas. Anda harus menambahkan satu bagasi lagi untuk bisa memuat lebih banyak barang. Nah, satu bagasi tersebut bisa diletakkan di atas bracket box.

Bagasi tambahan adalah sebuah jenis peralatan modifikasi motor yang sering digunkan. Bagasi tambahan tidak hanya dapat memuat banyak barang, tetapi juga dapat memberikan nuansa tambahan menarik bagi motor Anda. Dengan adanya bagasi tambahan, Anda tak perlu lagi bingung meletakkan tas Anda misalnya, dan juga barang belanjaan. Motor pun bisa lebih seimbang karena tak ada beban tambahan di bagian depan dudukan.

 

Nah, ingin memberikan aksen menarik tambahan bagi motor? Kenali bagaimana cara memasang bagasi tambahan di atas bracket box motor:

 

1.Sesuaikan dengan bodi motor.

Tidak semua jenis bagasi motor cocok dengan motor Anda.  Untuk itu, ketahui bagaimana kemampuan motor Anda dan bagasi jenis apa yang sesuai dengan motor Anda ya. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam memilih bagasi motor karena hal itu dapat berdampak pada ketidakseimbangan motor dan tentunya kecelakaan. Tidak mau bukan hal itu terjadi pada diri Anda? Nah, untuk melihat jagasi nana yang cocok dengan motor, Anda dapat pergi ke bengkel dan menyesuaikan jenis bagasi motor ya?

 

  1. Lepas jok motor

Setelah itu, lepaskan jok motor Anda.  Kemudian, jangan lupa untuk melepaskan baut pengait yang menjadi standar bagi motor Anda. Nah, dari sini, Anda bisa mulai melepaskan begel motor kemudian diganti menjadi bracket box. Berbeda dengan begel biasa, bracket box lebih kuat dalam menopang bagasi dan tentunya tidak akan rusak karena berat bagasi motor.

 

  1. Mengebor

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah pengeboran. Ya, bagian-bagian yang kurang imbang atau mungkin kurang pas dapat Anda bor sehingga nantinya bagasi akan muat di motor Anda. Kemudian, beri baut kuat agar bagasi tidak jatuh. Jangan lupa untuk mengecek apakah bagasi sudah cukup kuat terpasang pada bracket box ataukah belum. Goyang-goyangkan bagasi dan masukkan beberapa benda. Apabila bagasi menjadi oleng bahkan jatuh, maka itu artinya bagasi belum kuat. Bila bagasi tidak goyah meskipun diberikan banyak barang, artinya bagasi sudah kuat.

 

  1. Cek dengan mengendarai motor dalam jarak dekat

Coba kemudikan motor Anda dalam jarak amat dekat di depan rumah atau di depan bengkel. Cek apakah motor kemudian menjadi oleng dan tidak seimbang, ataukah sudah seimbang dan enak untuk dikemudikan. Apabila motor sudah seimbang, itu artinya bagasi motor yang Anda pilih sudah pas. Nah, kalau sudah begitu, artinya Anda dapat menggunakan bagasi itu dan berjalan-jalan menggunakan motor dengan jarak jauh. Namun bila belum seimbang, cek apakah mungkin Anda harus mengganti bagasi dengan ukuran yang lebih kecil misalnya.

 

Nah, setelah pemasangan bagasi boks tersebut, jangan lupa untuk tetap menjaga motor agar bagasi tetap kokoh. Jangan terlalu banyak memasukkan barang yang terlalu berat ke dalam bagasi motor Anda. Selain itu, Anda bisa gunakan kunci bagasi agar barang bawaan Anda tetap aman dan tidak hilang. Cek pula apakah tutup bagasi sudah kuat menutup ataukah belum.

 

Itulah cara mudah untuk memasang perlengkapan motor bagasi pada bagian belakang motor Anda. Tidak sulit bukan rupanya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *