Tips Agar Lebih Bijak dalam Menikmati Perkembangan Dunia Teknologi

Kini Anda telah tinggal di dunia teknologi sebab apapun kegiatan yang dilakukan dijamin akan memanfaatkan teknologi di sekitar. Entah itu untuk kebutuhan memasak, makan, menikmati hiburan, memesan tiket, belanja, dan sebagainya. Semakin kesini teknologi pun semakin berkembang yang membuatnya semakin canggih sebagai buktinya adalah kemunculan beragam produk pintar. Jika dulunya handphone hanya bisa dipakai bertelepon ria maka kini sudah bisa dipakai bermain game, internetan, mengurus pekerjaan kantor, dan lain-lain. Perangkat lainnya adalah TV yang kini juga bisa dipakai berinternet.

Tips Agar Lebih Bijak dalam Menikmati Perkembangan Dunia Teknologi

Pada dasarnya teknologi hadir untuk mempermudah aktifitas yang dilakukan agar semakin efisien dari segi waktu, tenaga, dan tentunya biaya. Bisa dilihat dari keberadaan rice cooker yang bisa memfasilitasi perubahan beras yang keras menjadi nasi yang pulen dan siap disantap. Tinggal hubungkan ke sumber listrik lalu tekan salah satu tombol maka selang beberapa menit Anda sudah bisa menikmati nasi yang hangat dan nikmat. Hanya saja teknologi ternyata memiliki dua sisi, pertama menguntungkan dengan segala kepraktisannya.

Tips Bijak Memanfaatkan Teknologi

Lalu bisa pula merugikan sebab di dunia teknologi saat ini banyak manusia cenderung malas dan kurang produktif. Ada baiknya bijak dalam memanfaatkan teknologi, berikut tips-tipsnya:

  1. Manfaatkan seperlunya saja, sehingga setelah aktifitas dengan produk berteknologi canggih selesai nikmati hidup nyata Anda bersama keluarga dan teman.
  2. Batasi penggunaan produk canggih di rumah sehingga tetap membuat Anda bekerja secara manual yang hitung-hitung tubuh bisa berolahraga.
  3. Pastikan teknologi ini membantu pekerjaan yang dirasa sulit untuk dilakukan dengan manual.
  4. Gunakan untuk penggunaan positif, misal internet dipakai untuk berbisnis bukannya mencari konten negatif.
  5. Dan lain-lain.

Teknologi memang bisa memudahkan aktifitas Anda, misalnya saja seperti internet yang dijamin senantiasa Anda manfaatkan. Internet membantu Anda mendapatkan banyak informasi baik yang terkait urusan pekerjaan, urusan di kampus dan sekolah anak-anak, sampai berbagai tips untuk berbagai tujuan. Hanya saja ketika internet digunakan untuk membagikan informasi yang tidak berfaedah bahkan cenderung memberi efek negatif. Maka yang rugi bukan hanya Anda melainkan siapa saja yang mengakses apa yang Anda bagikan, maka bijaklah memanfaatkan internet jika tidak ingin dijerat UU ITE.

Teknologi sebagus apapun dan seberapa besar manfaatnya tetap saja akan memberikan beberapa sisi negatif. Anda tentu perlu lebih bijak untuk memanfaatkannya dan usahakan memilih teknologi yang memang bermanfaat serta tidak merugikan orang lain. Sebagai contoh tidak memakai AC terlalu sering karena bisa merusak lapisan ozon yang membuat lingkungan menjadi rusak, efek ini tentu dirasakan oleh semua orang. Demikian pula dengan handphone, Anda bisa asyik melakukan banyak hal dengan dunia teknologi di dalam perangkat tersebut namun seringnya malah lupa bersosialisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *