Tips Agar Anda Terhindar dari Sikap Hedonisme

Apakah Anda pernah merasa puas, senang dan bahagia ketika membeli produk yang Anda suka dari brand ternama? Maka berhati-hatilah karena hal demikian merupakan salah satu ciri sikap hedon. Hedonisme merupakan suatu pandangan yang menganggap bahwa tujuan dalam hidup adalah untuk bersenang-senang. Kesenangan dalam hidup dapat dicapai dengan adanya materi, maka berhati-hatilah bila Anda adalah orang yang senang berbelanja. Senang berbelanja terutama pada barang-barang yang tidak perlu bisa menjadi salah satu bentuk perilaku hedon. Parahnya, kini sikap tersebut bukan hanya menjadi pandangan semata, justru menjadi gaya hidup yang banyak dilakukan oleh masyarakat terutama perkotaan. Sikap ini sangat perlu untuk dihindari karena dampaknya yang kurang baik seperti adanya kesenjangan sosial.

Tips Agar Anda Terhindar dari Sikap Hedonisme

Agar tidak terjebak dalam pandangan hedonisme tersebut, Anda dapat menerapkan beberapa tips dibawah ini:

 

  1. Skala prioritas. Agar tidak terjerumus pada sikap hedon, salah satu cara yang dapat Anda terapkan adalah membuat skala prioritas pada catatan yang bisa Anda lihat setiap hari. Dengan mencatat semua kebutuhan yang bersifat prioritas, maka Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki. Anda akan berpikir dua kali untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda butuhkan.
  2. Pergaulan. Salah satu yang paling berpengaruh pada perubahan sikap seseorang adalah lingkungan tempat ia bergaul. Bila Anda ingin terhindar dari gaya hidup hedonis, maka sebaiknya Anda menjaga jarak dengan lingkungan Anda yang menerapkan gaya hidup tersebut. Bukan berarti Anda harus memutus hubungan sama sekali, tetapi Anda kurangi bergaul dengan mereka yang menerapkan pola hidup hedonis. Dengan demikian Anda tidak akan ikut-ikutan dengan kebiasaan mereka. Selain itu, bergaullah dengan orang yang menerapkan pola hidup sederhana yang memberikan dampak positif bagi gaya hidup Anda. Dengan demikian, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih teman sehingga dapat memberikan pengaruh yang baik bagi Anda.
  3. Benteng agama. Dalam ajaran Agama selalu mengajarkan kebaikan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bila melaksanakan perintah agama masing-masing dengan benar maka perilaku hedonis dapat dihindari. Manusia yang dekat dengan Tuhan pasti akan berusaha menaati perintah dan menjauhi larangan-Nya. Mereka juga pasti akan selalu bersyukur dengan setiap hal yang diberikan sehingga sikap tidak pernah puas akan materi dapat dihindari. Merekapun bisa hidup sederhana dan tidak merasa iri dengan materi yang dimiliki oleh orang lain.

Baca Juga : Efektif Cegah Hedonisme, 4 Hal Ini Patut Anda Ketahui!

Dengan menerapkan beberapa tips berikut, Anda bisa terhindar dari berbagai hal yang berbau hedonisme. Pandangan yang telah menjadi gaya hidup tersebut dapat akan berdampak sangat buruk terutama bagi hubungan sosial masyarakat. Apalagi tinggal di lingkungan dengan penduduknya yang beraneka ragam suku, agama, ras, budaya dan keadaan ekonominya. Selain dapat menimbulkan kecemburuan sosial, sikap hedonis juga dapat memicu terjadinya konflik. Maka dari itu, jauhi sikap tersebut mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *