Teknik Memasak Daging Sapi Agar Empuk

Daging sapi adalah salah satu bahan masakan favorite karena mempunyai rasa enak. Akan menjadi istimewa apabila kita tahu teknik memasak daging sapi agar lebih cepat empuk. Cara paling mudah membuat daging empuk saat diolah yaitu dengan menyimpannya dalam freezer dan membiarkannya layu.

Mungkin kita berfikir dengan diletakkan dalam freezer akan menyulitkan mengolah daging tersebut karena membeku, namun daging yang sudah dibekukan lebih mudah empuk saat diolah. Masakan daging sapi yang lezat ditandai dengan daging yang mudah dikunyah, lembut dan mudah dicerna. Berikut ini teknik memasak daging sapi agar lebih empuk.

  • Potong Daging Melawan Alur Seratnya

Cara memotong daging dapat mempengaruhi daging empuk atau tidak. Dengan cara memotong daging melawan alur seratnya dapat membantu daging menjadi empuk saat dimasak nanti karena penampang serat pada daging lebih terlihat dan mempermudah resapan bumbu untuk masuk kedalam daging, sehingga daging dapat lebih empuk.

  • Pukul-pukul Daging dengan Alat Khusus

Sebelum memasak daging, melakukan cara ini dapat membuat daging lebih empuk dan lezat. Karena cara ini melemaskan otot-otot daging sapi dan serat daging sehingga setelah dimasak nanti daging menjadi lebih lembut dan empuk.

  • Memberikan Bumbu

Memberi bumbu pada daging sapi sebelum dimasak dapat membuat daging sapi lebih mudah empuk setelah dimasak. Bumbu yang biasa digunakan adalah bumbu yang mengandung asam, misalkan cuka. Daging dapat lebih empuk bahkan sebelum dimasak.

  • Mengatur Temperatur

Daging yang dimasak dengan temperatur yang salah dapat mengakibatkan daging menjadi keras dan susah dikunyah. Teknik memasak ini harus memahami kapan daging sudah benar-benar matang, belum matang atau terlalu matang. Temperatur suhu yang digunakan untuk daging sapi menjadi labih empuk adalah sekitar 145 derajat Fahrenheit

  • Masak dengan Perlahan

Daging yang memiliki tekstur ketebalan lebih, seperti daging sapi, sangat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya agar daging menjadi lebih empuk. Memasak daging sapi secara perlahan mampu menghancurkan jaringan-jaringan di dalam daging sehingga daging dapat lebih empuk dan mudah dikunyah. Tetapi hati-hati memasak daging sapi yang terlalu lama dapat membuat daging terlalu matang sehingga keras dan sulit dikunyah.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna, sebaiknya daging dipotong dengan ukuran kecil-kecil dan dimasak dalam waktu yang sudah ditentukan. Tetapi cara ini tidak cocok untuk semua jenis menu makanan hanya untuk beberapa jenis saja, karena tidak semua masakan membutuhkan pengolahan daging sapi yang dipotong kecil-kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *