Simak Bahan-Bahan Untuk Membuat Soto dari Seluruh Indonesia

Anda sering mencari resep soto daging di Internet dan ingin mengaplikasikannya untuk masakan Anda? Pastinya Anda adalah pencinta soto. Soto daging memang terkenal dengan rasanya yang amat unik dan gurih. Daging yang ada pada soto daging juga amat menggiurkan. Lagipula semangkuk soto daging juga memiliki kandungan gizi yang lengkap dan memberikan energi cukup untuk beraktivitas seharian

 

Wikipedia

Nah, bagi Anda yang merupakan pencinta soto, bukan hanya resep soto daging bening, ada banyak jenis soto lain yang tak kalah menggiurkan dari Indonesia dan bisa Anda coba di rumah. Ingin tahu apa saja sih jenis-jenis soto yang tak kalah menggugah selera? Ini dia varian soto yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

 

1.Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah soto khas daerah Lamongan, Jawa Timur. Nah, bahan-bahan untuk membuat soto adalah ayam kampung, tauge, daun bawang, telur rebus, brokoli, kemudian juga kuah kaldu yang berwarna kuning. Ada pula kerupuk udang yang ditaburkan di bagian atas soto.

 

  1. Soto Betawi

Bukan hanya daging, soto Betawi juga dilengkapi dengan jeroan lainnya seperti paru, limpa, hati, dan lain sebagainya. Jadi meskipun lezat, soto ini memang harus dihindari oleh mereka yang memiliki kolestrol tinggi. Oh ya, kuah soto Betawi juga kaya akan santan atau susu dan dilengkapi makanan tambahan seperti emping dan acar.

 

  1. Soto Kudus

Sebetulnya, rasa soto Kudus hampir sama dengan soto Lamongan. Kuahnya pun bening dan isinya meliputi mie, tauge, daun bawang, serta daging. Namun kabarnya, di masa lampau soto Kudus tidak menggunakan daging sapi, hanya daging ayam atau kerbau. Di masa kini, soto Kudus banyak dijual dengan daging ayam.

 

  1. Soto Banjar

Soto yang satu ini jelas berasal dari Kalimantan Selatan. Nah, kuah soto Banjar ini tidak dibuat dengan menambahkan kunyit, maka dari itu Anda bisa melihat betapa beningnya kuah soto yang satu ini. Soto Banjar disajikan dengan daging ayam, lontong, daun bawang, perkedel, telur, dan juga disajikan bersama dengan satu porsi sate Banjar.

 

  1. Soto Medan

Saat mencicipi soto Medan, Anda pasti akan langsung teringat dengan masakan India. Maklum, soto yang satu ini memang lekat dengan pengaruh India di masa lalu. Kuahnya pun kental akan aroma rempah-rempah India seperti kapulaga misalnya. Anda harus mencoba soto yang unik ini saat bertandang ke Medan.

 

  1. Soto Mie

Memakan soto mie khas Bogor memang mengingatkan kita pada semangkuk mie ayam. Wajar, karena alih-alih bihun seperti soto bening, soto mie menggunakan mie kuning yang biasa ditemui pada mie ayam atau mie bakso. Porsi mie dan daging yang banyak membuat soto mie menjadi makanan yang amat mengenyangkan.

 

  1. Coto Makassar

Coto Makassar adalah makanan soto khas Makassar. Ada empat puluh jenis bumbu khas yang dipadukan dalam makanan tersebut, menghasilkan cita rasa yang unik dan tak terlupakan. Coto Makassar juga memiliki daging yang tebal di dalamnya. Nah, makanan yang sau ini biasa dimakan bersama buras (ketupat khas Makassar yang bertekstur padat).

 

Itulah jenis-jenis soto khas Indonesia yang dapat Anda nikmati. Meskipun sama-sama berkuah, tetapi makanan soto dari berbagai daerah memiliki cita rasa khusus yang tidak akan membuat lidah Anda bosan. Nah, berani mencoba untuk memasaknya sendiri di rumah? Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan soto yang lengkap dan tepat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *