Resep Mudah Membuat Tongseng Ayam Santan Maknyus

Tongseng ayam adalah makanan khas dari Jawa Tengah. Tongseng ayam merupakan menu makanan berkuah yang memiliki rasa kuah yang manis. Selain manis, tongseng ayam ini juga memiliki cita rasa yang gurih dan lezat, apalagi jika disantap dengan sambal, kerupuk, dan nasi hangat. Kelezatan itulah yang membuat tongseng ayam banyak digemari oleh masyarakat Jawa dan luar Jawa.

Tongseng ayam ini tidak hanya dapat ditemukan di Jawa Tengah, tetapi sudah banyak pula para pedagang di daerah lain yang menjual menu makanan ini sehingga bisa didapatkan dengan mudah. Namun, pernahkah Anda berpikir untuk membuat tongseng ayam itu sendiri dengan rasa yang tak kalah dengan penjual tongseng ayam langganan Anda? Jika iya, sekaranglah waktu yang tepat untuk Anda merealisasikan keinginan tersebut. Melalui tulisan inilah, Anda akan dipandu untuk memasak tongseng ayam khas Jawa Tengah yang menjadi salah satu menu makanan kesukaan Anda. Yuk, langsung saja, simak penjelasan resep tongseng ayam berikut ini.

Pembuatan tongseng ayam sebenarnya terdiri atas dua macam, yakni tongseng ayam dengan kuah bening atau tanpa santan dan tongseng ayam santan. Pada tulisan ini, Anda akan diberi penjelasan mengenai resep membuat tongseng ayam santan, yang rasanya lebih gurih jika dibandingkan dengan tongseng ayam kuah bening.

Resep Tongseng Ayam Santan

Penggunaan santan pada tongseng ayam ini akan membuatnya memiliki cita rasa lebih gurih daripada tongseng ayam yang tidak menggunakan santan. Berikut adalah bahan-bahan dan cara pembuatan tongseng ayam santan

Bahan-bahan tongseng daging ayam, antara lain:

  1. ½ kg daging ayam segar yang sudah dipotong dan dicuci;
  2. 10 sendok makan santan kentan asli dari perasan kelapa;
  3. 1 batang serai;
  4. 8 sampai 11 buah cabai rawit merah dan keriting;
  5. 3 sampai 4 buah tomat hijau yang sudah dipotong-potong;
  6. kentang dan kol yang sudah dipotong-potong secukupnya;
  7. merica halus secukupnya;
  8. kecap kental manis;
  9. garam secukupnya;
  10. gula pasir secukupnya;
  11. bubuk kaldu rasa ayam secukupnya;
  12. 600 cc air bersih; dan
  13. minyak goreng secukupnya.

Bahan-bahan bumbu tongseng ayam santan, antara lain:

  1. 3 buah bawang putih;
  2. 6 siung bawang merah;
  3. 0,5 sendok makan ketumbar;
  4. 6 sampai 9 buah cabai rawit atau keriting; dan
  5. 3 buah kemiri yang sudah dibakar atau disangrai.

Setelah bahan-bahannya siap, selanjutnya adalah melakukan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Haluskan atau uleg bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, dan ketumbar.
  2. Siapkan wajan dengan minyak goreng, kemudian masukkan bumbu tongseng ayam dengan serai, lalu aduk hingga tercium bau wangi.
  3. Masukkan potongan daging ayam, aduk-aduk sampai berubah warna.
  4. Masukkan irisan kentang, cabai, tomat, kecap manis, garam, gula, merica, dan bubuk kaldu. Kemudian, aduk-aduk hingga mendidih.
  5. Setelah bahan agak matang, lalu masukkan irisan kol. Kemudian, aduklah sebentar.
  6. Jika rasanya masih kurang pas, tambahkan kaldu, merica, kecap atau garam, kemudian aduk sampai tercampur rata.

Setelah matang, tuangkan tongseng ayam santan pada mangkuk atau piring. Siapkan pula sambal dan nasi hangat agar tongseng ayam dapat disantap dengan lebih nikmat. Ajak pula keluarga atau teman Anda sehingga tongseng ayam akan terasa lebih nikmat lagi.

Bagaimana, cukup mudah, bukan? Jika Anda sudah paham dengan langkah-langkahnya, segera siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tongseng ayam santan. Kemudian, ikutilah langkah-langkah pembuatan tongseng ayam santan di atas. Selamat mencoba dan menikmati tongseng ayam santan khas Jawa Tengah.

Sumber Gambar

blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *