Resep Kue Kering Legend

Idul fitri sih memang masih lama dari bulan sekarang. Masih ada beberapa bulan lagi. Tapi tidak ada salahnya loh bun kalau coba bikin resep-resepnya dari sekarang. Banyak loh resep yang bisa bunda coba dari sekarang. Terutama kue-kue keringnya. Biasa ada makanan atau kue-kue khas lebaran yang jadi favorit keluarga. Ada yang senang dengan resep-resep klasik. Kalau si mbah dan tante bisa dipastikan masih suka dengan resep-resep klasik ini. Tapi bagaimana dengan anak-anak kita? Biasanya kue-kue klasik tidak banyak menggunakan bahan seperti cokelat. Lebih senang yang alami dan segar. Seperti kue nastar atau semprit. Kali ini mimin ingin share nih bun, gimana caranya supaya anak-anak kita tetap senang dengan resep-resep klasik. Karena biasanya kue-kue lebaran cenderung sama di setiap keluarga. Kita juga saling berkirim kue ke tentangga atau sanak saudara padahal masih ada kue berjenis sama di lemari kue kita. Mimin ingin share bagaimana caranya bunda membuat kue semprit cokelat. Biasanya kue semprit berwarna putih tulang kekuningan. Rasanya juga vanila dan manis yang tidak berlebihan. Tapi kalau anak-anak ya senangnya cokelat atau keju. Bunda bisa cheating nih dengan rasa favorit putra putri bunda untuk membuat resep kue kering legend tapi tetap jadi favorit anak-anak. Sekarang kita akan cek bagaimana cara membuat kue semprit cokelat supaya disukai oleh anak-anak.

Kue semprit ini boleh dibilang andalannya cemilan manis pas lebaran loh. Dari generasi ke generasi pasti menghidangkan kue semprit. Tapi yang menyukai kue ini biasanya bukan anak-anak. Margarin (100 gram)

  • Mentega (50 gram)
  • Tepung maizena (50 gram)
  • Cokelat bubuk (50 gram)
  • Tepung terigu rendah protein (120 gram)
  • Tepung custard (80 gram)
  • Gula halus (100 gram)
  • Vanili bubuk (1/4 sendok teh)
  • Kuning telur (1 butir)
  • Manisan Cherry diganti dengan chocochips secukupnya

Sekarang, kita masuk ke pembuatan kuenya. Langkah-langkahnya:

  1. Sangrai tepung terigu rendah protein selama 10 menit tunggu hingga menjadi lebih ringan. Jangan menggunakan api besar, cukup gunakan api kecil agar tepung tidak gosong.
  2. Ayak tepung terigu rendah protein yang sudah disangrai tadi hingga benar-benar halus.
  3. Kocok margarin, mentega, gula dan cokelat bubuk. Aduk hingga tercampur biasanya selama 15 menit.
  4. Tambahkan kuning telur pada adonan cokelat, gula, mentega dan margarin tadi.
  5. Tambahkan terigu secara perlaha-lahan pada adonan margarin. Adung hingga benar-benar rata dan adonan berwarna cokelat semua.
  6. Oleskan margarin pada loyang yang akan digunakan untuk memanggang kue semprit.
  7. Spuitkan adonan berukuran kecil-kecil ke loyang yang sudah disiapkan tadi.
  8. Tambahkan chocochips di bagian tengah kue semprit. Atau supaya lebih menarik, gunakan lebih dari satu chocochips.
  9. Oven kue semprit cokelat selama 15-20 menit pada suhu 160o
  10. Setelah kue semprit cokelat matang angkat dan tungu hingga dingin
  11. Setelah kue dingin kue siap dimasukan ke dalam toples atau langsung dihidangkan di atas piring-piring

Supaya kue semprit cokelat memiliki aroma yang lebih khas bisa tambahkan curtard powder pada adonan kue semprit cokelatnya. Bagi yang belum tahu apa sebenarnya bahan ini, Curtard powder adalah sejenis maizena yang sudah mengandung kuning telur. Selain akan memberikan aroma yang lebih khas. Curtard powder juga akan memberikan warna yag lebih cantik pada kue semprit kita. Okay, sampai disini mimin share resep kue semprit cokelatnya. Selamat mencoba, semoga anak-anak suka ya.

https://review.bukalapak.com/amp/food/ini-dia-resep-kue-semprit-yang-bikin-lebaran-makin-komplit-20689

Sumber gambar:  resepkubunda.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *