Perhatikan ini Sebelum Lakukan Tarik Tunai Kartu Kredit

Perubahan zaman membuat mobilitas masyarakat pun jadi lebih meningkat. Apalagi dengan banyaknya tawaran menarik dari kartu kredit. Kartu kredit, biasanya mampu memudahkan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa harus punya uang tunai. Anda juga bisa menggunakan fasilitas tarik tunai kartu kredit untuk mendapatkan dana tunai.

Perhatikan ini Sebelum Lakukan Tarik Tunai Kartu Kredit

Dengan kartu kredit, Anda akan dimudahkan urusan keuangan dan transaksi pembayaran pun jadi lebih praktis. Anda hanya perlu menggesek kartu kredit Anda pada mesin, semua belanjaan dan pembayaran langsung terlunasi. Meskipun memang, memakai kartu kredit sama saja dengan berhutang, tapi di era teknologi yang berkembang dan tingkat mobilitas yang semakin tinggi, orang pun banyak yang memilih melakukan hal tersebut. Apalagi pihak bank juga banyak yang menawarkan promo, kemudahan dan keunggulan untuk kartu kredit.

Jika Anda pengguna kartu kredit, selain bermanfaat untuk memudahkan proses transaksi keuangan dan pembayaran Anda, seperti yang tadi telah disebutkan bahwa saat ini banyak kartu kredit yang sudah memiliki fasilitas tarik tunai kartu kredit. Jika Anda sedang membutuhkan dana tunai secara langsung, Anda bisa langsung mendapatkan dana segar hanya dengan pergi ke mesin ATM dan melakukan penarikan uang.

Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal sebelum tarik dana tunai dari kartu kredit Anda. Karena bagaimana pun jika tidak digunakan dan dikelola dengan baik, tentu akan merugikan untuk Anda. Oleh karena itu, sebelum Anda tarik tunai kartu kredit Anda di mesin ATM, perhatikan dulu beberapa hal berikut.

Biaya Penarikan

Penting untuk diketahui, setiap penarikan uang oleh kartu kredit tentu tidaklah gratis. Ada pungutan biayanya hingga bunga. Biasanya, biaya penarikan ini sebesar 4% dan biaya itu akan langsung dibebankan saat penarikan. Jadi, semakin Anda melakukan tarik tunai kartu kredit, semakin besar juga biaya penarikan yang dikenakan. Termasuk juga dengan bunganya yang bisa dibebankan hingga 2,95% per bulannya.

Ada Batasan

Biasanya, patokan limit pada nilai tarik tunai kartu kredit ada batasannya. Anda bisa menarik dana tunai di bawah limit belanja dan tarik tunai. Hal itu baik bagi nasabah untuk memberi batasan agar tidak kalap dalam melakukan transaksi penarikan.

Gunakan dengan Bijak

Saat menggunakan kartu kredit, gunakanlah sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Anda harus mampu untuk mengontrol penggunaan agar tidak di luar batas. Anda juga harus disiplin dalam membayar setiap cicilan agar kondisi keuangan Anda pun bisa stabil dan jauh dari tumpukan hutang. Gunakan kartu kredit sewajarnya, yang bisa memudahkan transaksi pembayaran Anda bukan untuk membantu Anda berhutang.

Gunakanlah kartu kredit Anda jika benar-benar mendesak. Jangan lupa sesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan pembayaran Anda. Jangan sampai karena Anda punya kartu kredit, perilaku Anda jadi lebih konsumtif. Jika tidak terlalu urgent, lebih hindari tarik tunai kartu kredit karena hal tersebut bisa dinilai merugikan Anda dengan biaya penarikan dan bunganya yang cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *