Perhatikan 10 Kandungan Yang Harus Ada dalam Memilih Susu Formula Untuk Bayi Premature

  Jika anak Anda terlahir prematur (sebelum 37 minggu), maka dia mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda dari bayi yang lahir cukup bulan. Salah satu alasannya adalah selama trimester ketiga kehamilan, bayi menyerap cadangan nutrisi yang akan mereka simpan untuk bulan-bulan pertama kehidupan. Namun, bayi prematur tidak memiliki kesempatan tersebut karena ia tidak cukup lama berada di dalam rahim. Itu sebabnya bayi prematur umumnya membutuhkan pelengkap untuk perawatan dan pencegahan kekurangan gizi.

Apabila anak Anda sudah mampu mengisap namun Ibu belum bisa menyusui, ada susu formula untuk bayi premature yang telah dirancang khusus untuk kebutuhan nutrisinya. Namun, terkadang perkembangan bayi prematur yang baru lahir belum siap untuk mengkoordinasikan gerakan mengisap, bernapas, dan menelan yang biasa dilakukan saat minum ASI (ataupun saat menggunakan botol). Selain itu, ada pula bayi yang terlahir dengan masalah pernapasan, gangguan peredaran darah, ataupun masalah kesehatan lainnya yang dapat mengganggu kegiatan menyusui. Apabila anak Anda tidak bisa menyusui atau pun menggunakan botol, Ibu bisa coba mempertimbangkan untuk memompa ASI. Berikut ini merupakan nutrisi penting dan kandungan susu anak premature yang harus Anda perhatikan:

1. Kalori Tambahan

Bayi prematur umumnya membutuhkan lebih banyak kalori daripada bayi yang lahir cukup bulan. Kalori ini bisa Ibu dapatkan dari kombinasi ASI dan pelengkap, melalui pemberian ASI atau susu berformula khusus.

2. Kalsium

 

Kalsium membantu pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, serta mendukung pembekuan darah. Selama 3 bulan terakhir di dalam rahim, bayi menyerap kalsium dari Ibu dalam jumlah yang  besar.

3. Tembaga

 

Tembaga merupakan mineral yang penting untuk kesehatan tulang serta perkembangan otak, darah, kulit, dan rambut anak Anda.

4. DHA

 

DHA atau docosahexaenoic acid merupakan salah satu dari dua rantai panjang omega-3, serta merupakan lemak struktural utama di dalam otak.

5. Zat Besi

 

Zat besi berguna untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah, untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

6. Protein

 

Protein berfungsi dalam pembangunan jaringan tubuh serta pembentukan enzim, hormon, serta antibodi pada tubuh anak Anda. Protein juga memberikan energi dan membantu proses penyesuaian yang terjadi di dalam tubuh.

7. Vitamin A

 

Vitamin yang satu ini berperan dalam pertumbuhan, menjaga kondisi paru-paru, kulit, rambut, penglihatan, serta perkembangan lainnya pada tubuh anak Anda

8. Vitamin D

 

Vitamin D membantu anak Anda dalam penyerapan kalsium, yang penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Terutama, pada bayi yang lahir dengan berat badan rendah.

9. Vitamin K

 

Vitamin yang berperan dalam proses pembekuan darah ini ternyata juga sangat penting untuk bayi prematur yang terlahir dengan berat badan rendah.

10. Zinc

 

Zinc berperan dalam banyak proses metabolisme serta membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak Anda.

Maka dari itu sangat kami rekomendasikan untuk melihat referensi beberapa pilihan susu formula untuk bayi premature yang bisa Anda akses di bukalapak.com dengan URL: https://review.bukalapak.com/mom/7-rekomendasi-susu-penambah-nutrisi-untuk-anak-yang-susah-makan-39652. Beberapa pilihan tersebut adalah salah satunya bisa digunakan sebagai susu penggemuk badan bagi bayi prematute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *