Perawatan Kulit Paling Tepat Sesuai Jenisnya

Kulit adalah lapisan terluar dan melapisi seluruh bagian yang ada pada tubuh manusia. Kulit pada manusia yang membuat pada diri manusia merasa panas, dingin, sakit, dan ikut serta memproses vitamin D yang berasal dari sinar matahari. Kulit juga menjaga kita agar tidak dehidrasi, infeksi, dan menjaga suhu tubuh kita agar tetap stabil. Begitu banyaknya peranan kulit bagi diri kita mengharuskan kita dapat merawat kulit pada tubuh kita namun kulit pada manusia memiliki jenis-jenis sendiri. Jadi anda dapat merawat kulit sesuai dengan karakter jenis kulit anda.

Perawatan Kulit Paling Tepat Sesuai Jenisnya

Bila anda berjenis kulit kering, akan memungkinkan kulit anda terlihat kusam, mudah iritasi, mudah gatal,kasar, berkerut, dan garis wajah yang mudah sekali terlihat. DIbandingkan  jenis kulit yang lain maka jenis kulit ini dapat dibilang tidak elastis. Pemakaian kosmetik, perubahan cuaca, air panah atau paparan sinar matahari semakin memperparah kondisi ini. Untuk perawatan kulit ini anda dapat membeli produk yang berbahan dasar minyak karena dapat menahan cairan agar tidak cepat menguap dari kulit.

Beberapa hal ini mungkin dapat lebih menghasilkan kulit lebih terawat bagi kulit jenis kering yaitu dengan penggunaan sabun dan produk pembersih dengan kandungan yang ringan, saat anda mandi usahakan jangan berlama-lama, menghindari menggosok badan dengan hal yang kasar, gunakan lotion setelah mandi dan gunakan kembali saat kulit merasa kering, gunakan sarung tangan apabila akan mencuci piring atau pakaian, dan mengatur suhu dalam ruangan tidak terlalu panas.

Berbanding terbalik dengan jenis kulit kering, kulit berminyak memerlukan produk perawatan kulit dengan banyak kandungan airnya dibanding krim agar tidak beresiko menimbulkan jerawat. Kondisi kulit akan berubah-ubah tergantung pada kelembapan, hormon, pubertas, dan tingkat stres. Namun jangan khawatir ada beberapa cara untuk merawat jenis kulit berminyak, yaitu dengan menggunakan produk yang tidak menghambat kulit yang biasanya pada produk ditandai dengan “noncomedogeni”, cuci wajah sesaat setelah berkeringat, jangan memencet jerawat karena akan membuatnya susah untuk hilang, jangan menggosok saat mandi, gunakan pembersih dengan kandungan mild,

Masalah pada kulit normal sangatlah minim bahkan pori-pori hampir tidak terlihat dan tidak terlalu sensitif. Pelindungan kulit normal dengan penggunaan pelembab sepanjang hari. Perawatan kulit pun cukup mudah dengan memoleskan produk yang berbahan dasar air yang tidak lengket dan berasa ringan. Berbanding terbalik dengan kulit sensitif, jenis kulit ini butuh perawatan kulit yang khusus.

Pada kulit sensitif akan muncul gejala seperti terbakar, kering, kemerahan, dan rasa gatal untuk mengatasinya pun kita harus mengenali terlebih dahulu faktor yang memicu terjadinya dan menghindarinya. Cara perawatan kulit sensitif dengan memilih produk pembersih yang bersifat mild dan hypoallergenic dan hindari produk dengan kandungan alkohol, sabun, pewangi, dan asam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *