Penerus Kartini, Inilah Wanita Inspiratif Masa Kini

Dalam sejarah negara Indonesia, Kartini adalah sosok wanita muda mandiri yang menentang diskriminasi dalam pendidikan dan aspek kehidupan lainnya. Langkah pahlawan ini tentu mejadi inspirasi sendiri di hati kaum wanita Indonesia. Langkah berani Kartini tetap dilestarikan hingga sekarang. Bedanya, jika dulu ada banyak hal yang dianggap tabu untuk dilakukan oleh seorang wanita, kini hampir semua hal bisa dilakukan oleh wanita, termasuk travelling ke berbagai tempat tanpa takut dibatasi. Di zaman sekarang ini ternyata ada sejumlah penerus sosok Kartini dalam menggapai cita-citanya. Berikut adalah sosok wanita inspiratif yang bisa Anda jadikan panutan.

Penerus Kartini, Inilah Wanita Inspiratif Masa Kini

Susi Pudjiatuti

Siapa yang tidak kenal dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti. Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini menjabat sebagai menteri pada awal jabatan presiden Joko Widodo tahun 2014 silam. Yang menarik dari kisah seorang Susi adalah dimana ketika masa SMA dulu, ia dikeluarkan dari sekolah karena aktif dalam mengikut gerakan golput. Ia pun kemudian beralih mejadi seorang pebisnis dengan modal Rp 750,000.-. Modal ini berasal dari hasil menjual seluruh perhiasan yang dimiliki dan menjadi pengepul ikan. Bisnis beliau terus berkembang hingga berhasil mendirikan Maskapai Penerbangan SUSI AIR (sekarang PT. ASI Pudjiastuti Aviatiation).

Sri Mulyani

Wanita inspratif yang lahir di Bandar Lampung, 26 Agustus 1962 ini merupakan Menteri Keuangan Indonesia yang masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia. Beliau menduduki posisi ke 38 dalam kategori tersebut. Nama Sri Mulyani sendiri mulai melejit saat mengungkapkan pemikiran strategi ekonomi di tahun 2008 yang berhasil membuat keadaan ekonomi Indonesia stabil meski perekonomian dunia sedang mengalami krisis. Namun, di balik semua jasanya tersebut, beliau mulai dipojokkan saat adanya kasus Bank Century yang membuatnya harus memberikan penjelasan pemberian izin pencairan dana hingga Rp 6 triliun. Beliau terpaksa mengundurkan diri karena tekanan dari banyak pihak. Sri Mulyani bahkan pernah mendapatkan undangan untuk menjabat posisi di World Bank setelah kejadian itu. Tidak lama kemudian, Sri Mulyani kembali membaktikan diri pada Negara saat mendapat panggilan dari presiden Joko Widodo.

Anne Avantie

Anne adalah seorang desainer yang berhasil membanggakan Indonesia lewat desain kebaya yang ia ciptakan. Wanita kelahiran Semarang, 20 Mei 1954 ini dulunya tidaklah sesukses sekarang. Beliau datang dari keluarga yang serba kekurangan. Beliau lahir sebagai anak ke 22 dari 24 bersaudara. Dengan merelakan kesempatan untuk belajar dengan hanya mendapatkan ijazah SMP, Ibu Anne tidak pernah berkecil hati.  Ketertarikannya pada dunia fashion sudah dimulai sejak usia dini. Keinginannya yang teguh dan sifat tidak pantang menyerah membuatnya berhasil mendesain banyak kebaya hingga ke manca Negara. Kesuksesan ini membuatnya tergerak untuk membantu orang lain dalam mencari pekerjaan. Beliau mendirikan sebuah lembaga masyarakat untuk membantu biaya pendidikan, hingga kegiatan sosial lainnya untuk mengembangkan skill wanita sebagai generasi yang maju dan mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *