Minum Seduhan Kopi Robusta Secara Rutin Bisa Memperlambat Proses Penuaan

Suka menikmati secangkir kopi? Kalau iya, maka dijamin kenal betul dengan varian kopi robusta yang termasuk ke dalam jajaran kopi terkenal di dunia. Robusta sendiri menjadi salah satu jenis kopi yang banyak dijadikan pilihan karena memiliki aroma dan rasa yang sangat kuat. Secara umum kopi jenis ini dipakai untuk membuat kopi instan kemudian bisa pula ditemukan sebagai bahan campuran bartender saat meracik kopi.

Sebab dengan aroma dan rasanya yang kuat tentu tidak semua orang akan merasa cocok dengan sensasi kopi ini ketika diminum. Maka hanya dijadikan campuran saja kecuali jika Anda kebetulan memang menyukai kopi yang rasanya kuat maka robusta menjadi andalan. Indonesia dikenal dunia sebagai penghasil terbesar untuk kopi jenis ini dan sebagian diimpor ke berbagai negara. Meskipun menjadi penghasil terbesar ternyata robusta bukan berasal dari Indonesia melainkan dari salah satu negara di benua Afrika.

biji kopi robusta

Manfaat Rutin Menikmati Kopi Jenis Ini

Asalkan biji kopi jenis robusta diolah, disimpan, kemudian diseduh dengan baik maka akan menghasilkan seduhan kopi berkualitas. Beberapa menambahkan bahan tambahan lain untuk memberikan efek ringan pada hasil seduhannya. Namun tentu bergantung pada selera masing-masing, dan jika lebih suka kopi instan maka tidak perlu repot melakukan proses meracik. Minum kopi aman dilakukan secara teratur asalkan tidak berlebihan, Anda bisa meraciknya sendiri dengan membelinya dari situs belanja online terpercaya.

Meminum seduhan kopi robusta secara rutin juga memberikan manfaat yang berlimpah bagi kesehatan, adapun manfaat tersebut adalah:

  1. Memperlambat proses penuaan,

Bagi yang ingin sekali awet muda, khususnya kaum perempuan, ada baiknya membiasakan diri minum kopi jenis robusta secara teratur. Pasalnya sebuah penelitian menunjukan bahwa penikmat kopi jenis ini sekitar 2-3 cangkir dalam sehari. Memiliki kemungkinan untuk awet muda karena proses penuaan menurun hingga 10%. Dibanding melakukan perawatan mahal ke salon dan hasilnya tidak tahan lama, mengapa tidak mengkonsumsi robusta saja?

  1. Membantu meningkatkan kesehatan jantung,

Ketika kopi jenis robusta ini diminum dalam kadar yang normal, maksimal 3 cangkir per hari maka akan membentuk perlindungan pada cardiovascular. Efeknya tentu saja akan mempengaruhi kesehatan jantung sehingga jauh lebih kuat dan juga sehat. Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit jantung bisa belajar menikmati robusta secara rutin untuk meningkatkan kesehatan organ tersebut. Sebab sebuah studi kepada 42 perempuan yang rutin meminumnya mampu terhindar dari masalah jantung.

secangkir kopi robusta

  1. Membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat,

Bagi siapa saja yang bermasalah dengan kolesterol jahat atau LDL maka dianjurkan minum kopi jenis robusta sekitar 8 cangkir. Sebab robusta mengandung zat antioksidan yang efektif meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. Efeknya akan berkebalikan pada LDL yang jumlahnya semakin menurun sekitar 8%, namun pastikan memilih robusta berkualitas. kemudian diseduh tanpa menambahkan bahan berbahaya misal gula dan krim berlebihan karena efeknya tidak akan baik.

  1. Memperkecil resiko terkena penyakit kanker,

Siapa sangka jika kopi jenis robusta ini bisa membantu Anda memperkecil resiko terkena penyakit kanker. Sebab mengandung antioksidan dan berbagai zat bermanfaat lain yang memperkecil kemungkinan sel kanker dalam berkembang. Hal ini sejalan dengan hasil sebuah survei terhadap 67 ribu wanita, yang terbiasa minum 4 cangkir robusta setiap hari. Hasilnya sekitar 25% mengalami penurunan terkena kanker jenis apapun, sehingga mulailah menikmati kopi robusta setiap hari untuk lebih sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *