Merasa Terganggu dengan Minyak di Wajah? Ini Cara Agar Wajah Tidak Berminyak!

Memiliki wajah berminyak pasti sangat mengganggu ya. Wajah jadi terlihat capek, lepek, dan kusam, belum lagi jika kamu menyiasatinya dengan makeup, makeup juga menjadi sulit menempel dan mudah sekali luntur karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh wajah. Belum lagi biasanya pemilik wajah berminyak diiringi oleh jerawat-jerawat dan banyaknya komedo. Tentunya kamu harus melakukan perawatan ekstra ya! Selain mengatasi wajah berminyak, menghilangkan jerawat, kamu juga harus memikirkan cara menghilangkan komedo di wajah. Tetapi, kamu sebagai pemilik wajah berminyak patut bersyukur juga, itu artinya kamu sehat, dan kamu bisa selalu tampak muda. Buat kamu yang penasaran gimana sih cara agar wajah tidak berminyak? Yuk simak ulasannya berikut ini!

  1. Gunakan Pelembab

Sebagian besar orang menganggap bahwa menggunakan pelembab pada wajah yang berminyak tidak perlu dilakukan karena akan membuat wajah memproduksi minyak berlebih. Buat kamu yang berpikiran seperti itu, ternyata kamu salah, lho?

Menggunakan pelembab justru sangat dianjurkan untuk kamu pemilik wajah berminyak. Pilihlah pelembab berlabel oilfree yang berbahan dasarĀ  air. Pelembab tersebut akan menghidrasi wajah berminyakmu sehingga tidak akan membuat wajahmu semakin berminyak.

  1. Minum air putih

Air putih adalah hal sepele yang mudah ditemukan, namun sering luput dari perhatian orang-orang. Untuk kamu yang jarang sekali meminum air putih, coba untuk merutinkan diri meminum minimal 8 gelas air putih perhari. Air putih tentu banyak manfaatnya bagi kesehatan, orang-orang sering menyebut air putih sebagai obat dari segala penyakit. Termasuk masalah wajah berminyakmu ini.

Rutin meminum air putih mampu membantu mencegah produksi minyak berlebih pada wajah karena air putih berfungsi untuk mengontrol kadar minyak. Jadi jangan anggap sepele air putih ya.

  1. Hindari makanan berminyak

Salah satu faktor penyebab wajah berminyak adalah makanan yang biasa kamu konsumsi. Jika kamu menyadari bahwa wajahmu mudah berminyak, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan berminyak. Makanan berminyak memang sangat menarik ya buat dikonsumsi, tapi kamu harus mulai menguranginya mulai sekarang supaya wajah berminyakmu berkurang juga. Memang selalu ada pengorbanan untuk tampil cantik.

  1. Menggunakan masker

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa butuh perawatan ekstra untuk wajah berminyak dan butuh pengorbanan untuk tampil cantik. Kali ini mungkin kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk rutin membeli masker. Gunakanlah masker secara rutin untuk menjaga kulit tetap terawat. Pilihlah masker dengan bahan alami seperti madu dan sebagainya. Atau kalau kamu mau lebih irit, buatlah maskermu sendiri dengan bahan-bahan alami juga seperti yoghurt, kentang, madu, lemon, dan bahan-bahan alami lainnya.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Siapa yang tidak tahu bahwa buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk kesehatan. Buah dan sayur juga penting, lho untuk menjaga wajahmu tetap sehat dan terawat, termasuk mengontrol kadar minyak di wajah kamu. Jadi sayang banget deh kalau kamu engga suka makan buah ataupun sayur, karena kedua hal itu sangat penting untuk kesehatan wajahmu. Bahkan beberapa jenis buah bisa kamu gunakan sebagai masker juga, lho.

Nah itu dia tips dan cara agar wajah tidak berminyak. Jangan khawatir lagi untuk mencari cara merawat wajah berminyak ya. Selamat mencoba!

Yuk cek dan cari tahu cara menghilangkan komedo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *