Menyenangkan, Begini Cara Membuat Air Mawar!

For you ladies, kamu tahu nggak kalau air mawar itu sangat banyak sekali manfaatnya. Salah satunya untuk wajah, manfaat air mawar untuk wajah sendiri sudah sejak lama dikenal. Telah disebutkan pula manfaatnya untuk merawat kulit dan wajah kita. Semakin ke sini, penggunaan air mawar pun juga berlaku untuk seluruh penjuru tubuh, dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Sebenarnya, apa sih yang membuat para wanita menjadi sangat tertarik dengan air mawar? Di samping memang karena bunganya yang sangat cantik, air mawar memang identik dengan wanginya yang semerbak. Karena itulah, hampir hampir tak ada yang membenci bunga mawar, membayangkan saja wanginya sudah tercium.

Bila kamu masih ragu dengan manfaat air mawar, kamu bisa baca poin poin di bawah ini ya.

  1. Air mawar dapat digunakan untuk membersihkan serta mencerahkan wajahmu loh. Tentunya dengan penggunaan air mawar secara rutin, kamu dapat membersihkan wajahmu dari kotoran kotoran atau debu debu yang ada dan mengendap yang menutupi pori pori wajah. Selain itu, bonusnya juga air mawar dapat mencerahkan wajah kamu secara alami.
  2. Manfaat air mawar viva untuk wajah juga dapat mengatasi adanya bekas atau luka jerawat sebelumnya. Ini karena adanya kandungan anti bakteri yang mampu membuat jerawat juga lebih cepat mengering. Kandungan anti inflamasinya mencegah adanya peradangan akibat jerawat.
  3. Untuk yang memiliki kulit cenderung berminyak, air mawar juga mampu mengontrol kadar minyak berlebih yang dimiliki pada wajah. Namun, ini juga tak akan membuatnya menjadi kering. Gunakan air mawar sesaat sebelum menggunakan make up, hal inilah yang dapat mengontrol kadar minyak pada wajah.
  4. Memberikan kesegaran pada wajah. Untuk penggunan rutin, air mawar akan memberikan efek segar pada wajah. Tidak hanya dingin saja sensasinya, namun juga akan membuatnya menjadi terus lembab.
  5. Sebagai antiseptik, yang juga dapat menjaga serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari jahat.

Selain dikemas pada produk kosmetik siap pakai, air mawar juga dapat dibuat sendiri. Ini tentunya akan sangat membantu kamu bila memiliki stok bunga mawar melimpah di taman rumahmu, namun bingung akan digunakan untuk apa.

Jika sebelumnya telah dibahas cara membuat air mawar dengan cara direbus menggunakan kelopak segar, agak berbeda dengan cara saat ini. Nah, agar tidak bosan juga kamu bisa ikuti tips ini agar proses pembuatannya juga menyenangkan. Simak cara membuat air mawar di bawah ini!

Sediakan dahulu alat dan bahannya, seperti:

  • Bunga mawar yang segar.
  • Air secukupnya.
  • Saringan berbahan stainless
  • Toples, dan mangkuk keramik/kaca
  • Alu/ alat yang digunakan untuk menumbuk.

Cara membuatnya:

  1. Pisahkan antara kelopak bunga mawar, kemudian cuci bersih. Nah, agar tidak bosan lakukan sambil mendengarkan musik. Musik klasik juga dapat membantu loh agar lebih konsentrasi dalam membuatnya.
  2. Untuk menghasilkan wangi yang maksimal. Kamu dapat membagi kelopak mawar segar tadi ke dalam dua wadah. Pada wadah yang pertama, kamu bisa langsung menumbuknya. Dan pada wadah kedua disimpan dahulu.
  3. Kemudian bisa kamu saring hasil tumbukan yang sudah halus tadi menggunakan saringan ke dalam wadah mangkok keramik/kaca. Bisa ditambahkan air ataupun tidak.
  4. Setelah dihasilkan air sari mawar tadi, kelopak bunga yang kedua juga ikut dimasukkan k e dalam wadah. Tutup dan diamkan hingga 24 jam. Tentu saat menunggu prosesnya akan bosan bukan? Nah tak ada salahnya juga sambil waktu menunggu kamu melakukan mandi bunga. Taburkan saja kelopak bunga ke dalam bak mandi, percaya deh ini akan memberikan efek relaksasi.
  5. Setelah proses perendaman, pindahkan air mawar ke dalam panci keramik atau gelas. Hindari penggunaan panci logam, karena dapat bereaksi dengan minyak mawar.
  6. Didihkan air mawar tadi di atas api kecil, cukup ditandai dengan adanya gelembung. Kemudian angkat.
  7. Saringlah menggunakan kain saring, hingga tak ada lagi kelopak yang tersisa pada air mawar. Sambil menyaring, bisa juga ladies pasang lagu penyemangat agar lebih kuat memerasnya. Bila ladies ingin menggunakannya sebagai penyegar wajah, jangan lupakan untuk menambahkan air suling. Namun jika tidak tak perlu ditambahkan air.
  8. Tutuplah kembali toples, lalu diamkan selama beberapa jam. Bila ada matahari bisa diletakkan di bawah sinar matahari, yang akan membantu mengeluarkan minyak natural pada air mawar.
  9. Simpanlah pada lemari pendingin, gunakan sesuai kebutuhan. Tentunya air mawar ini akan sangat wangi bila digunakan untuk mandi berendam loh, tentunya acara mandimu jadi super asyik bukan?

Itulah salah satu cara membuat air mawar. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *