Menu Masakan Rumahan Sehat Tanpa Santan

Kalau sedang dirumah dan kumpul-kumpul keluarga inginnya makan-makanan yang enak terus. Tapi risikonya suka banyak penyakit apalagi sekarang sudah banyak dari anggota keluarga yang sudah berumur. Jadinya terbatas deh makanan yang bisa dimakan nya. Ingin makanan berlemat khawatir kolesterol, ingin makanan bersantan khawatir kolesterol juga makan seafood juga sama. Jadi susah untuk menikmati momen-momen makan besar bersama keluarga. Well, tapi kenapa ya orang tua kita belakangan jadi takut banget dengan makanan bersantan. Katanya rasanya sih boleh enak tapi dampak dari makan santannya tidak seenak menyantap makanannya. Pada postingan kali ini mimin ingin share tentang bahaya mengkonsumsi terlalu banyak santan juga resep tongseng ayam tanpa santan. Jadi walaupun makan tongseng yang enak terhindar dari dampak negatif terlalu banyak makan santannya.

Pertama apa saja sih bahaya makan santan secara berlebihan?

  1. Gangguan pencernaan

Santan menganng minyak dan lemak. Sehingga ketika mengkonsumsinya secara  berlebihan bisa membuat perut kembung dan tidak nyaman.

  1. Iritasi tenggorokan

Karena mengandung minyak, para penikmat santan kadang khilaf kalau bahan makanan yang satu ini suka menimbulkan iritasi. Apalagi kalau readers memiliki tenggorokan yang sensitif, harus lebih berhati-hati ya.

  1. Kolesterol

Ini dia, hal yang paling menakutkan untuk ibu bapak kita dirumah kalau masakannya mengandung santan. Sepeti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa santan mengandung lemak dan minyak. Sedangkan, kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang kurang baik bagi kesehatan. Sehingga megkonsumsi terlalu banyak santan akan mengakibatkan kolestero tinggi.

  1. Penyakit jantung

Penyakit jantung sendiri diakibatkan dari naiknya kolesterol. Sehingga mengakibatkan penyakit jantung. Jadi mulai sekarang harus lebih hati-hati mengkonsumsi santan ya readers.

  1. Kram otot

Kram otot diakibatkan dari tingginya kolesterol sehingga menimbulkan plak-plak pada pembuluh darah. Karena pembuluh darah tersumbat, maka aliran darah menjadi tidak lancar dan oksigen dalam darah terganggu. Sehingga mengakibatkan kram pada otot.

  1. Stroke

Ini adalah dampak final dari tinggi kolesterol dala tubuh. Mirip dengan siklus kram otot, namun pada stroke dampak dari tingginya lemak mengakibatkan aliran darah ke otak tersembat sehingga mengakibatkan stroke.

Ternyata lumayan banyak dan berbahaya ya makanan yang satu ini terhadap kesehatan. Jadi readers harus lebih hati-hati nih dengan makanan-makanan olahan santan. Oke sekarang mimin akan share resep tongseng ayam tanpa santan. Pertama-tama siapkan dulu alat dan bahannya seperti:

  • Serai  2 btg (ambil bagian putihnya dan memarkan)
  • Air bersih 500 ml
  • Ayam 1 ekor
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam halus
  • Merica bubuk
  • Gula pasir

Bumbu halus :

  • Bawang merah 12 butir
  • Kemiri sangrai 8 butir
  • Ketumbar butiran 2 sdt
  • Cabai merah keriting 10 buah (boleh sesuaikan dengan selera keluarga)
  • Bawang putih 6 siung

Bahan pelengkap :

  • Kol segar 100 gram
  • Bawang merah goreng 3 sdm
  • Cabai rawit merah 10 buah (boleh sesuaikan dengan selera keluarga)
  • Tomat merah 4 buah
  • Kecap manis 2 sdm

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Siapkan wajan dengan api sedang, kemudian tuang minyak goreng  3 sdm.
  2. Tumis bumbu halus, kemudian aduk hingga rata.
  3. Masukan rempah-rempah seperti daun salam dan batang serai, Kemudian aduk dan tunggu hingga aroma rempah-rempah tercium.
  4. Masukan potongan ayam. Masak hingga warna daging ayam lebih pucat dan kaku.
  5. Masukan air, tunggu hingga ayam menjadi empuk.
  6. Masukan garam, gula pasir dan merica bubuk.
  7. Masukan sayuran yang telah diiris kasar, tunggu hingga sayurannya sedikit layu dan tongseng siap dihindangkan.

Mudah kan readers membuatnya? Bisa jadi menu masakan rumahan andalan readers sekalian nih. Selain mudah untuk membuatnya, karena tidak menggunakan santan tongseng ayam ini bisa lebih sehat dan tidak khawatir kolesteroltinggi ya readers. Selamat mencoba di rumah.

https://review.bukalapak.com/amp/food/resep-tongseng-ayam-ini-sedap-and-pedasnya-menggigit-di-lidah-15378

Sumber gambar: cookpad.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *